Berikut 5 Persiapan Sebelum Anak Kembali Sekolah Tatap Muka

Jumat, 29 Oktober 2021 | 09:02 WIB   Reporter: Tim KONTAN
Berikut 5 Persiapan Sebelum Anak Kembali Sekolah Tatap Muka

ILUSTRASI.


PENDIDIKAN – JAKARTA. Hampir dua tahun lamanya para murid melakukan pembelajaran secara daring akibat pandemi COVID 19. Dampak pandemi mewajibkan setiap institusi pendidikan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi menekan jumlah dan mencegah penularan virus. 

Salah satu platform pendidikan di Indonesia, yakni Superprof, juga turut memperhatikan bagaimana proses pembelajaran tatap muka ini berlangsung di Indonesia.  Berikut ada lima tips dari Superprof bagi orang tua yang ingin mempersiapkan dengan baik kembalinya anak belajar dengan metode tatap muka di sekolah:

1.    Siapkan peralatan kesehatan untuk anak selama berada di luar jangkauan orang tua 

Orang tua sebaiknya memeriksa penerapan dan pengawasan protokol kesehatan di sekolah sebelum memutuskan anak untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Perhatikan peralatan dan sarana kesehatan untuk anak agar tidak bertukar alat dengan pelajar lain. Jangan lupa untuk persiapkan alat tulis dan alat makan dari rumah. 
 

2.    Simulasi Belajar Mengajar di Rumah 

Setelah sekian lama melakukan pembelajaran jarak jauh, setiap orang tua disarankan untuk memeriksa kondisi kesehatan mental anak yang mungkin menurun akibat kurangnya interaksi sosial selama pandemi. Sebaiknya orang tua mengingatkan bahwa selama protokol kesehatan dijalankan tidak perlu terlalu khawatir dengan penularan virus. Hal ini dilakukan supaya anak tidak kaget dengan kondisi proses belajar di sekolah.

 

3.   Komunikasi yang Baik 

Orang tua perlu berkomunikasi dengan baik dengan anak agar selama proses pembelajaran tatap muka bisa tetap menerapkan protokol kesehatan dengan tertib. Selalu ingatkan bahwa penggunaan masker dan kebersihan wajib dilakukan demi kesehatan anak dan juga keluarga di rumah. 

 

4.   Perhatikan Kondisi Mental Anak 

Orang tua disarankan untuk menanyakan aktivitas dan rutinitas anak selama pembelajaran tatap muka setiap pulang sekolah agar dapat memahami kondisi mereka dan memberikan dukungan moral dan juga mental. Mulai dari bermain dengan siapa hingga bagaimana perasaan mereka melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah dan bertemu teman-teman. 

 

5.     Jaga Kondisi Fisik Anak

Demi kesehatan fisik anak yang sudah terbiasa belajar dari rumah, para orang tua sebaiknya mempersiapkan anak untuk istirahat dan tidur lebih awal di malam hari agar keesokan harinya anak siap untuk beraktifitas dan menjalankan rutinitas pembelajaran tatap muka di sekolah.  

 

Bagi yang memilih untuk tetap melakukan pembelajaran secara online untuk kesehatan dan kebaikan anak karena belajar secara tatap muka masih belum memungkinkan atau terlalu beresiko, orang tua bisa mencari pendamping belajar anak dengan metode yang praktis dengan para pengajar yang tersedia di Superprof. Superprof adalah platform pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan belajar anak yang ingin melakukan kursus secara privat. 

Dengan Superprof, orang tua bisa mencari dan mereservasi guru privat di bidang akademik seperti matematika, fisika, bahasa asing, dan lain-lain. Apabila orang tua ingin meningkatkan kemampuan anak di bidang lain, tersedia juga pengajar-pengajar di subjek non-akademik seperti pelatih olahraga, guru musik, guru seni dan lainnya. 

Pilihan pengajar di Superprof sangat variatif. Para pengajar datang dari berbagai macam latar belakang pendidikan, pengalaman dan kemampuan yang unik. Orang tua bisa mencari dan mereservasi guru privat dengan mudah, cukup dengan memilih subjek yang ingin diambil lalu memilih guru privat yang memiliki profil dan karakter yang cocok dengan kebutuhan belajar anak. 

Tarif yang dipasang oleh guru juga beragam, orang tua bisa memilih guru dengan harga yang sesuai dengan anggaran mereka. Kursus privat bisa dilakukan secara online dan orang tua bisa mendapatkan guru privat dari lokasi yang berbeda-beda. 

Bagi orang tua dan anak yang sudah siap untuk melakukan kursus privat secara tatap muka juga dapat dilakukan dengan syarat tetap menerapkan protokol kesehatan. Guru privat untuk kursus secara tatap muka bisa didapatkan di lokasi atau daerah tempat tinggal yang sama dengan anak.

Catatan saja, Superprof juga memiliki banyak artikel untuk bisa dijadikan sumber informasi baik untuk pengajar maupun para pelajar di blog mereka

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru