Bermain di Serie B, Buffon kembali ke Parma setelah 20 tahun pergi

Kamis, 17 Juni 2021 | 17:34 WIB Sumber: Reuters
Bermain di Serie B, Buffon kembali ke Parma setelah 20 tahun pergi


SEPAK BOLA - TURIN. Kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, akhirnya memutuskan untuk kembali bergabung dengan Parma setelah 20 tahun pergi. Asal tahu saja, Parma merupakan klub pertama Buffon saat tampil di Serie A.

Kamis (17/6), Parma mengumumkan bahwa pemain berusia 43 tahun tersebut telah menandatangani kontrak 2 tahun dengan klub yang terdegradasi dari Serie A pada musim lalu itu. 

Buffon yang dianggap sebagai salah satu penjaga gawang terbaik sepanjang masa ini memulai karir sebagai pemain muda di Parma pada usia 13 tahun. Mantan punggawa Juventus ini akhirnya melakukan debut di Serie A pada tahun 1995, saat dia berusia 17 tahun.

Dengan ketangkasannya, Buffon turut membangun reputasi Parma, tak hanya di Italia tapi juga di Eropa. Saat bersama Buffon, Parma berhasil memenangkan Piala UEFA dan Coppa Italia pada musim 1998-1999. 

Baca Juga: Jadwal Copa America 2021 Kolombia vs Venezuela: Los Cafeteros siap amankan poin penuh

Buffon pun akhirnya menjadi penjaga gawang termahal di dunia kala dipinang Juventus dengan kesepakatan senilai £ 33 juta atau setara US$ 46,06 juta di tahun 2001.

Sejak itu, Buffon pun berada di Juventus, terlepas dari 1 musim saat bergabung dengan Paris St Germain di musim 2018-2019. Pemain Italia ini juga sudah mengoleksi 10 gelar Serie A, 1 gelar Ligue 1 dan Piala Dunia.

Musim lalu, Buffon tampil 14 kali di semua kompetisi yang dijalani Juventus. 

 

Selanjutnya: Ikuti jejak Ronaldo, bintang kemenangan Italia di Euro 2020 geser botol Coca-Cola

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru