Cara Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Anak dengan Metode yang Menyenangkan

Kamis, 24 November 2022 | 13:29 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Anak dengan Metode yang Menyenangkan

ILUSTRASI. Cara Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Anak dengan Metode yang Menyenangkan. Foto:Dok.Math Monkey


KONTAN.CO.ID -  Matematika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi sebagian orang. Hal ini menyebabkan cukup banyak anak-anak merasa kesulitan saat mengikuti pelajaran ini. 

Bahkan tidak jarang nilai mata pelajaran ini tidak sebagus mata pelajaran lain karena anak belum menemukan metode belajar matematika yang benar.

Dosen Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Junaidi Fery Effendi, menyebut bahwa pembelajaran matematika tidak hanya sekadar mengutak atik angka dan rumus, tapi juga mengajarkan anak untuk berpikir rasional, melatih sikap cerdik, taktis dalam menghadapi sesuatu dan tidak gampang menyerah.

Junaidi membagikan sejumlah tips tentang cara untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika pada anak.

Baca Juga: Download 50 Twibbon Hari Guru Nasional 2022 dan Cara Membagikannya di Media Sosial

Cara meningkatkan kemampuan berhitung

Menurut Junaidi, ada lima cara untuk meningkatkan skill atau kemampuan berhitung yang bisa diterapkan oleh anak-anak, diantaranya:

1. Jangan menyerah sebelum memulai. 

Sikap menyerah akan menghambat anak untuk mengembangkan kemampuan. Jika dibiarkan terus menerus, kemampuan matematika akan semakin menurun, peran orang tua sangat dibutuhkan sebagai penyemangat anak untuk terus belajar.

2. Mengurangi penggunaan alat bantu

Alat bantu menghitung seperti kalkulator dapat melemahkan kemampuan anak dalam berhitung.

“Kedua kurangi menggunakan kalkulator, terlalu sering menggunakan kalkulator dalam berhitung akan membuat kemampuan dan ketelitian berhitung menjadi tumpul dan ketergantungan saat dewasa nanti,” jelas Junaidi, dikutip dari situs UM Surabaya.

3. Belajar memahami materi secara utuh

Biasakan anak untuk memahami satu materi, baru kemudian mempelajari materi yang lain. Secara umum materi pelajaran matematika disusun dengan pola tertentu yaitu dari relatif sederhana ke yang lebih rumit.

“Contohnya ajarkan anak pada level dasar, kemudian level pertengahan dan dilanjutkan pada level sulit. Jika belum menguasai materi level dasar jangan berharap untuk mahir pada level advanced,” tambahnya.

Baca Juga: Tema dan Logo Perigatan Hari Guru Nasional 2022 serta Kumpulan Twibbon HGN 2022

4. Banyak latihan soal

Jika anak sudah menguasai materi, hal yang perlu dilakukan adalah sering-seringlah berlatih. 

Kunci dari hitung-hitungan matematika adalah sering berlatih, semakin sering berlatih akan menemukan beragam tingkat kesulitan dan tertantang untuk menyelesaikan.

5. Bermain game

Ada banyak game hitung-hitungan matematika di Google Playstore yang bisa dimanfaatkan, selain membuat lebih rileks hal ini akan meningkatkan skill berhitung pada anak.

6. Terapkan matematika di kehidupan sehari-hari

Cara terakhir untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak adalah dengan menggunakan matematika di setiap kegiatan keseharian. 

Misal saat sedang berjalan kaki dan menghitung langkah kaki, saat membeli sesuatu, menghitung luas ruangan dan beberapa space saat mengatur kamar dan lain sebagainya.

“Orang tua bisa melibatkan anak dengan kegiatan jual beli di dalam rumah, misal dengan menjual snack kecil-kecilan. Selain menyenangkan untuk bermain bersama, hal ini juga melatih anak untuk belajar berhitung,” ucap Junaidi.

Selanjutnya: Sukses Pimpin KTT G20, Indonesia Dijuluki Asia’s Overlooked Giant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru