Reporter: Fransiska Firlana | Editor: S.S. Kurniawan
Hati artis sinetron Nafa Indria Urbach sedang berbunga-bunga. Sebab usaha kuliner yang baru ia rintis dua minggu sudah balik modal. “Tak menyangka bisa seperti ini respon konsumen,” kata perempuan kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 15 Juni 1980 ini.
Sejak awal bulan Desember, perempuan yang populer dengan nama Nafa Urbach ini membuka usaha kuliner mango sticky rice alias ketan mangga. Sesuai namanya, jajanan mango sticky rice ini berbahan dasar beras ketan nan gurih dan potongan mangga segar.
Jajanan khas Thailand ini dilengkapi dengan saus putih berbahan santan yang kental yang diadon dengan garam, gula pasir, dan tapioka. Sebagai taburannya adalah biji wijen yang disangrai.
“Ini jajanan yang populer di Thailand. Setiap kali ke sana aku pasti makan mango sticky rice. Di sini kan belum ada, jadi aku sama temanku coba bikin dan jual penganan ini,” ujar perempuan berkulit putih ini.
Bersama dua rekannya yang bernama Nini dan Jupiter, ibu satu anak inipun memulai bisnisnya. Demi mendapatkan rasa ketan mangga seperti di negeri asalnya, Nafa menggunakan ketan yang berasal dari negeri gajah putih itu sebagai bahan dasar ketan mangga.
Usaha ini dinamainya dengan Zango Mango. Setelah menemukan resep dan konsistensi rasa yang pas, penyanyi beraliran slow rock ini pun mulai menjajakan olahan ketan mangga melalui akun Instagram miliknya.
Ya coba-coba saja dulu, padahal followers saya cuma sekitar 300.000. Tapi ternyata responnya bagus banget. Tidak nyangka pokoknya," ujar artis berambut panjang kegirangan.
Nafa sengaja memasarkan dan promosi melalui online karena ingin tes pasar terlebih dahulu. "Gerai delivery ada di Kemang tapi memang lebih banyak yang memesan melalui Instagramku. Lalu kami buat akun Instagram khusus Zango Mango," jelasnya. Kini pengikut akun zangomango80 sudah mencapai 1.888 akun.
Nafa bercerita awal-awal berdiri pesanan langsung mencapai 200 porsi per hari. Menurut Nafa, pesanan yang tak diduga ini dikarenakan banyak orang yang penasaran dengan jajanan ala gajah putih ini. Maklum jarang ada.
Apalagi harganya terhitung terjangkau bagi orang kebanyakan, yakni Rp 35.000 untuk satu porsi ketan mangga dan Rp 45.000 untuk satu porsi ketan durian.
Siap buka offline
Usaha jajanan ala Nafa ini makin terbantu dengan adanya jasa Go-Jek. Nafa tak perlu merekrut kurir khusus untuk layanan delivery dagangannya ini. Dia juga tidak ragu mengirim makanan melalui ojek aplikasi ini.
Sejauh ini, tutur Nafa, konsumennya puas dengan metode pengiriman pesanan Zango Mango. Kondisi makanan pun terjaga.
Belakangan pesanan ketan mangga pun makin melonjak. Ibu satu anak ini pun kerja ekstra karena pesanan setiap hari bisa mencapai 500 porsi. "Kalau sedang lelah ya kami batasi 200 porsi sehari, maklum kokinya baru ada satu," jelas dia.
Setelah menuai pujian, melalui testimoni konsumen Zango Mango di media online, Nafa bersama rekannya percaya diri untuk buka stan dari bazar ke bazar.
“Jadi jalur online dan offline kami garap. Bahkan sekarang kami sedang menyiapkan stan tetap di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta," ujar istri Zack Lee ini.
Nafa bercerita kendati sudah balik modal, keuntungan yang ia dapat saat ini lebih banyak untuk memodali pengembangan usaha. Salah satu peruntukan dana itu adalah membuka stan tetap tadi.
Selain itu, Nafa tengah menambah alat produksi dan sedang menyusun sistem kerjasama untuk usaha yang baru dirintisnya ini. Menurut pengakuan perempuan tersebut, sudah banyak orang dari luar Jakarta yang menanyakan syarat-syarat agar bisa kerjasama memasarkan ketan mangga.
Ternyata banyak yang tertarik bisnis ini. Banyak yang minta kerjasama semacam waralaba gitu. Saat ini sih masih kami siapkan konsepnya," jelas dia.
Semakin sukses ya Mbak.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
