Gatebox Inc pasarkan virtual home robot pertama di dunia

Sabtu, 04 Agustus 2018 | 16:22 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Gatebox Inc pasarkan virtual home robot pertama di dunia

ILUSTRASI. Gatebox GBTX-100


TEKNOLOGI - JAKARTA. Gatebox Inc baru saja membuka periode pemesanan untuk model terbaru Gatebox, virtual home robot pertama di dunia yang memungkinkan para pemiliknya untuk hidup dan berinteraksi dengan karakter virtual.

Virtual home robot GTBX-1 pernah dipasarkan tahun 2016 sebanyak 300 unit dengan harga JPY 300.000 atau sekitar Rp 39 juta yang terjual habis dalam satu bulan. Setelahnya dijual kembali sebanyak 39 unit pada 2017. Perusahaan ini malah menerima sekitar 1.000 pesanan. Oleh sebab itu, pada tahun ini, anak perusahaan terkonsolidasi milik LINE tersebut menjawab permintaan dengan model terbaru yang diproduksi secara massal, Gatebox GTBX-100.

Berdasarkan keterangan yang diterima Kontan.co.id, Jumat (3/8) peminat dapat melakukan pre-order dengan harga JPY 150.000 atau sekitar Rp 19,5 juta, belum termasuk pajak. Pengiriman akan dimulai Oktober 2018.

Gatebox GBTX-100 ini memiliki dua mikrofon yang tertanam di bagian atas unit Gatebox, memungkinkan para pemilik untuk berbicara dengan karakter. Selain itu, dengan adanya kamera dan detektor gerakan, unit juga bisa mengenali wajah dan pergerakan, sehingga memungkinkan karakter untuk terlibat dalam komunikasi aktif dengan pemilik, seperti tersenyum ketika ia melihat wajah pemilik atau menyapa mereka ketika mereka pulang.

Gatebox juga dilengkapi dengan LAN nirkabel, Bluetooth (R), dan sensor infrared, sehingga unit bisa memberi tahu pemilik akan cuaca, berita, dan informasi lainnya dari internet, atau bertindak sebagai remote control untuk perangkat elektronik lain yang ada di ruangan.

Untuk kedepannya, Gatebox akan meningkatkan kemampuannya dengan menggunakan asisten AI Clova, melalui kerja sama dengan LINE Corporation.

Ketika model GTBX-100 untuk pertama kalinya dikirimkan, unit akan menampilkan versi pre-trial dari karakter orisinil Hikari Azuma. Namun, versi lengkap dari Hikari Azuma diharapkan akan rilis di Desember 2018, dengan fitur yang diperbarui yang semakin membuat karakter ini menjadi bagian dari hidup sang pemilik, seperti bisa merayakan ulang tahun dan bersulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru