Google Melarang Aplikasi Android yang Merekam Percakapan Telepon, Kenapa?

Senin, 25 April 2022 | 11:38 WIB Sumber: PCMag
Google Melarang Aplikasi Android yang Merekam Percakapan Telepon, Kenapa?

ILUSTRASI. Google Melarang Aplikasi Android yang Merekam Percakapan Telepon, Kenapa?


APLIKASI ANDROID - Google akan melarang aplikasi Android yang dapat merekam percakapan telepon. Kenapa? Menurut pihak Google, Accessibility API pada sebuah aplikasi tidak dirancang melakukan perekaman audio panggilan jarak jauh, terutama untuk aplikasi pihak ketiga yang ada di Play Store.

Google akan bersih-bersih aplikasi Android di Play Store yang memiliki fitur merekam percakapan telepon. Melansir PCMage (25/04/2022), Google siap untuk menghapus seluruh aktegori aplikasi "Perekam Panggilan" dari Play Store.

Informasi tersebut datang dari pengguna Reddit bernama NLL-APPS dalam sebuah postingan thread pada 21 April 2022 lalu.

Pengguna Reddit tersebut mengungkapkan bahwa Google berencana untuk memperbarui kebijakan yang melibatkan Accessibility API yang digunakan pengembang aplikasi Android dalam aplikasi perekaman panggilan mereka.

Baca Juga: Ini Daftar Aplikasi dan Website Nonton Anime Sub Indo, Ada iQIYI, Bstation, WeTV, dll

"Accessibility API tidak dirancang dan tidak dapat diminta untuk perekaman audio panggilan jarak jauh," ujar Google. 

Ilustrasi keamanan android

Ini mungkin akan mengejutkan sebagian besar pengembang atau developer aplikasi Android yang menggunakan fitur tersebut untuk aplikasi yang mereka ciptakan.

Perusahaan telah menjelaskan alasannya dalam webinar yang juga dapat disimak melalui YouTube, meskipun tidak muncul secara publik.

Menurut pihak Google dalam video tersebut bahwa perekaman panggilan telepon dapat ditawarkan oleh aplikasi Call atau panggilan bawaan HP Android itu sendiri.

Aplikasi atau perangkat lunak apa pun yang diunduh dari Play Store, bagiamanapun, tidak daapt memberikan akses merekam jika ada orang yang mungkin tidak menyadari bahwa percakapan mereka sedang direkam.

Baca Juga: 7 Game Google Doodle Populer 2022, Gampang Mainnya Pas Buat Ngabuburit

Pengguna Reddit dengan akun NLL-APPS mengkalim bahwa "hanya aplikasi telepon yang disertakan dengan HP ANda atau yang dibuat oleh Google yang dapat mengakses audio panggilan".

Hal tersebut tidak berlaku untuk aplikasi pihak ketiga yang tidak mendapatkan akses serupa. Perubahan kebijakan yang diambil Google ini sekaligus mengakhiri aplikasi perekaman panggilan di Play Store.

Kebijakan ini kabarnya akan diterapkan pada 11 Mei 2022 mendatang. 

Mungkin ini tidak berdampak langsung bagi pengguna aplikasi pada umumnya. Namun perusahaan yang mengembangkan aplikasi dan membutuhkan akses perekaman panggilan telepon tersebut sepertinya harus merombak lagi aplikasi yang mereka buat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru