Gunung Kelud memikat para traveler muda

Jumat, 09 Februari 2018 | 13:10 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Gunung Kelud memikat para traveler muda

ILUSTRASI. Gunung Kelud


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang selama ini dikenal sebagai kota rokok, ternyata memiliki beragam obyek wisata alam, budaya, maupun buatan. Tujuan wisata alam yang paling diminati para traveler muda adalah wisata off road di lereng Gunung Kelud.

Daya tarik Gunung Kelud yang memiliki ketinggian 1.731 meter dpmlc menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Menurut Eko Priatno, varkeolog dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kediri, jika ditarik menggunakan garis imajiner antara tiga puncak gunung yaitu Kelud, Gajang Mungkur, dan Sumbing, inilah ketinggian Gunung Kelud yang sesungguhnya. “Dalam manuskrip Pararaton, dipercaya dari Puncak Kelud dapat terlihat Pantai Selatan,” kata Eko Priatno dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Jumat (9/2).

Untuk berkunjung ke Kelud, traveler cukup membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang untuk hari kerja dan Rp 10.000 pada hari libur. Bagi wisatawan yang ingin menikmati sensasi petualangan alam, dapat menyewa jeep adventure dengan tarif mulai dari Rp 275.000 untuk empat orang yang siap mengantarkan off road hingga ke puncak gunung.

Selain menikmati panorama lereng Gunung Kelud, wisatawan juga bisa menikmati Taman Durian. Di Taman Agrowisata, wisatawan yang datang dapat menikmati pemandangan alam berupa ragam bunga dan tanaman berbagai jenis yang dirawat dengan baik. Sementara, di Taman Durian, wisatawan dapat menikmati durian berbagai olahan.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke desa durian Slumbung dapat mengunakan kendaraan mobil pribadi dari kota Kediri dengan tarif sewa sekitar Rp 150.000 per hari.

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri juga menarik karena bentuknya menyerupai Arc de Triomphe yang terletak di Paris, Perancis. Potensi wisata Kediri yang begitu besar ini bisa menjadi modal bagi pemerintah daerah setempat, stakeholder dan masyarakat setempat untuk menjadikannya sebagai pilihan daerah tujuan wisata.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat

Terbaru