Harga mobil bekas kini mulai Rp 80 jutaan, bisa bawa pulang Daihatsu Sigra

Rabu, 12 Agustus 2020 | 12:12 WIB   Reporter: Bimo Adi Kresnomurti
Harga mobil bekas kini mulai Rp 80 jutaan, bisa bawa pulang Daihatsu Sigra

ILUSTRASI. Harga mobil bekas kini mulai Rp 80 jutaan, bisa bawa pulang Daihatsu Sigra

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga mobil bekas Daihatsu Sigra kini makin terjangkau. Data pricelist di Gridoto.com menunjukkan harga mobil bekas Daihatsu Sigra termurah kini Rp 85 juta untuk periode Agustus 2020. 

Saat peluncuran pertamanya pada tahun 2016, respon pasar terhadap Daihatsu Sigra cukup baik. Konsep yang diusung dalam Daihatsu Sigra yakni Low Cost Green Car (LCGC) yakni mobil murah ramah lingkungan. Daihatsu Sigra memiliki pesaing yakni Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Hal itu dibuktikan dengan konsistennya Daihatsu Sigra di pasar mobil LCGC. Tentu penasaran dengan spesifikasi Daihatsu Sigra?

Baca Juga: Dengan Rp 70 juta, bisa bawa pulang mobil bekas Daihatsu Taruna Oxxy

Yuk mulai beda spesifikasi Daihatsu Sigra tahun pertama:

1. Eksterior 

Pada bagian desain eksterior Daihatsu Sigra memiliki sisi bagian depan berdesain elegan. Hal itu tampak dari bumper yang cenderung sporty yang dipadukan dengan gril bentuk trapezoid. Headlamp memiliki tampilan segar yang berbeda dengan kelas LCGC lainnya. Tampak logo S memberikan arti inisial dari Sigra. 

Bagian samping terlihat molding yang menambah guratan pintu Sigra. Pada tipe tertinggi, Daihatsu Sigra memiliki banyak ornamen tambahan beraksen chorme. Bagian ban sudah disematkan velg berukuran 13 inci tipe terendah dan 14 inci untuk tipe tertinggi.

Sedangkan desain bagian belakang mobil dihiasi dengan lampu berbentuk huruf L. Berbeda dengan logo bagian depan, bagian belakang disematkan logo Daihatsu saja. Di bagian kaca belakang tentunya dibekali wiper sebagai pembersih kaca.

2. Interior

Interior Sigra

Lanjut pada bagian interior Daihatsu Sigra disematkan dashboard dengan kesan modern. Bagian dashboard memiliki paduan warna beige dan silverHal unik pada bagian dashboard yakni penambahan cap yang menyatukan head unit  dan Multi Information Display (MID). Pada bagian headunit disematkan warna gelap sedangkan bagian bawahnya didominasi warna beige. Fitur hiburan sudah dilengkapi radio, CD, AUX, hingga USB.

Bagian setir sudah disematkan adjusting sehingga dapat diatur ketinggiannya.

Daihatsu Sigra

Penempatan persneling diletakkan dengan berbeda yakni menempel dengan dashboard. Kursi jok didominasi warna hitam dengan bahan fabric yang cukup baik. Kursi terdiri dari tiga baris tempat duduk yang mampu memuat hingga 7 orang penumpang. 

Bagian bagasi juga cukup luas untuk memuat barang satu keluarga. Tentu kursi baris ketiga bisa dilipat untuk menambah ruang bagasi.

3. Performa Mesin

Berbicara soal performa, Daihatsu Sigra ini dibekali dua tipe mesin yakni dengan kapasitas 1.0 Lliter (998cc) dan 1.2 liter (1.197cc). Pada Sigra yang memiliki kapasitas 1.200cc mampu melaju hingga 87 horsepower dengan torsi 86 Nm. Sedangkan untuk yang varian 1.000cc mampu melaju hingga 66 horsepower dengan torsi maksimum 108 Nm. Tak hanya itu, Daihatsu Sigra tersedia dengan dua transmisi yakni manual dengan 5 percepatan dan otomatis dengan 4 percepatan.

4. Fitur Keselamatan

Tambahan lagi, terdapat fitur power outlet yang ada di kursi baris kedua. Tentunya itu jarang ditemui di kelas MPV lainnya. Fitur keamanan berkendara Daihatsu Sigra dilengkapi dengan Dual SRS Airbag dan seatbelt di seluruh bangku untuk tipe tertentu.

Pada bagian suspensi Daihatsu Sigra dibekali MacPherson Strut di bagian depan sedangkan untuk bagian belakang ditanamkan Semi Independent Torsion Axle Beam. 

5. Perbedaan Tipe 

Daihatsu Sigra dirilis dengan 4 varian yakni tipe D, M, X dan R. Tentunya tipe D dan M merupakan varian ekonomis dengan mesin 1.000cc. Selain mesin, terdapat beberapa perbedaan fitur sebagai berikut:

  • Tipe D memiliki velg berukuran 13 inci, sudah disematkan power steering elektrik dan single DIN Audio. Sedangkan pada fitur keselamatan belum disematkan airbag dan wiper belakang. Pada tipe ini sudah dilengkapi side beam impact dan bodi struktur GOA.
  • Tipe M memiliki fitur yang sama dengan tipe D. Terdapat penambahan keyless entry dan immobilizer. Ukuran velg sudah 14 inci dan ditambahkan juga sensor parkir dan power outlet di baris kedua. Di bagian headunit sudah disematkan CD Player. Ada juga tambahan rear air circulation untuk menghembuskan AC ke bagian belakang.
  • Tipe X memiliki kesamaan dengan tipe D. Terdapat penambahan fitur Dual Airbags bagian depan. Pada bagian headunit sudah disematkan double DIN audio. Sistem pengereman juga sudah dibekali teknologi Anti-lock Braking System (ABS). Sedangkan bagian eksterior sudah dibekali rear spoiler.
  • Tipe R merupakan tipe tertinggi dengan tambahan velg alloy, foglamphead rest pada kursi belakang.  Tentunya ditambahkan banyak aksen chrome dan silver pada beberapa bagian.

Daihatsu juga memberikan tambahan tipe Deluxe untuk tipe X dan R. Tentunya dengan beberapa tambahan sensor parkir depan dan ornamen yang lebih mewah.

Baca Juga: Harga mobil bekas Honda Mobilio kini sudah murah, dibanderol mulai Rp 110 juta

Jika anda mencari mobil bekas Daihatsu Sigra patutnya untuk periksa lebih detail setiap fitur. Pastikan mobil bekas Daihatsu Sigra tersebut dalam kondisi yang masih prima.

Kontan.co.id menghimpun beberapa harga mobil bekas Daihatsu Sigra di situs mobil bekas Gridoto.com per 12 Agustus 2020. Wilayah penjualan mobil bekas Daihatsu Sigra tersebut berada di Jakarta dan sekitarnya. Daftarnya sebagai berikut:

Varian Tahun Spesifikasi Harga
D M/T 2016 1.000cc Rp 85 juta
M M/T 2016 1.000cc Rp 95 juta
R Deluxe A/T 2016 1.200cc Rp 85 juta
R Deluxe M/T 2016 1.200cc Rp 90 juta
X A/T 2016 1.200cc Rp 100 juta
X M/T 2016 1.200cc Rp 100 juta
D M/T 2017 1.000cc Rp 90 juta
M M/T 2017 1.000cc Rp 100 juta
R Deluxe M/T 2017 1.200cc Rp 90 juta
X A/T 2017 1.200cc Rp 105 juta
X M/T 2017 1.200cc Rp 105 juta

*Sumber: Gridoto.com

*Harga tersebut dirangkum dari pedagang mobil bekas di area Jakarta dan sekitarnya

*Harga tergantung dengan kondisi kendaraan.*

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

 

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru