Otomotif

Harga mobil bekas MPV premium mulai Rp 80 juta, bisa bawa pulang Toyota Previa

Selasa, 11 Agustus 2020 | 11:57 WIB   Reporter: Bimo Adi Kresnomurti
Harga mobil bekas MPV premium mulai Rp 80 juta, bisa bawa pulang Toyota Previa

ILUSTRASI. Harga mobil bekas MPV remium mulai Rp 80 juta, bisa bawa pulang Toyota Previa lawas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga mobil bekas merek Toyota Previa kini makin murah. Data pricelist di Gridoto.com menunjukkan harga mobil bekas Toyota Previa termurah kini Rp 80 juta untuk periode Agustus 2020. 

Toyota Previa merupakan seri multi purpose vehicle (MPV) premium yang Toyota usung sejak tahun 1990-an. Pertama kali Toyota Previa masuk Indonesia melalui importir umum (IU) pada 2001.

Toyota Previa memiliki nama lain Toyota Estima. Harga mobil baru Toyota Previa saat rilis di Indonesia mencapai Rp 500 jutaan. Harga tersebut bersaing langsung dengan Kia Sedona, Honda Odyssey, dan Nissan Serena.

 Anda tertarik? Simak dulu spesifikasi Toyota Previa sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum membeli:

1. Eksterior

Sisi eksterior bagian depan Toyota Previa memiliki tampilan MPV menengah ke atas. Dilihat sekilas, tampilan "moncong" Toyota Previa berbeda dari mobil Toyota lain. Bahkan, menyerupai mobil berdesain Eropa.

Baca Juga: Komparasi SUV 5-seater, pilih Toyota Corolla Cross atau Mitsubishi Eclipse Cross?

Toyota Previa memiliki satu list dengan aksen chrome. Sedangkan bagian logo tersemat di atas gril. Toyota Previa memiliki headlamp berdimensi segitiga. Di bagian bumper terdapat lubang udara yang membantu mendinginkan mesin secara alami.

Toyota Previa memiliki ukuran yang cukup bongsor seperti halnya Toyota Alphard yang meluncur di era 2000. Pada ban disematkan velg berukuran 17 inci

Dari sisi samping, Toyota Previa terlihat panjang dengan bentuk yang cukup minimalis. Bagian pintu juga memiliki guratan yang minim. Bagian atas terlihar tambahan roof rail yang cukup untuk menambah muatan.

Bagian belakang Toyota Previa cenderung memiliki bodi menonjol. Rearlamp memiliki desain khas Toyota memainkan bentuk trapezoid.

2. Interior

Interior Toyota Previa

Berpindah pada sisi interior, ruang kabin mobil memiliki kesan yang cukup lapang. Desain yang dihadirkan ini juga menghadirkan tampilan mewah dan premium di zamannya. Layout kabin di dominasi warna abu-abu, sedangkan doortrim hingga kursi didominasi warna hitam. 

Bagian dashboard memiliki desain argoomis dan cukup futuristik. Pada head unit disematkan aksen hitam keabu-abuan dengan tambahan lining silver pada panel AC.

Baca Juga: Harga mobil bekas hatchback rasa MPV mulai Rp 35 juta, bisa dapat Hyundai Matrix

Posisi dashboard dibuat terpisah dengan head unit dengan lekukan yang mengagumkan. Panel instrumen dihadirkan, seperti pemutar musik CD, AUX, dan USB. Pada varian tertinggi, sudah ditambahkan layar tambahan pada panel instrumen.

Uniknya, Multi-Instrument Display (MID) terdapat tepat di atas panel instrumen yang menjorok ke arah kemudi. Sehingga, pengemudi harus menoleh sedikit untuk melihat informasi mobil.

Sebagai mobil premium, Toyota Previa hadir dengan moonroof di bagian tengah kabin. Kualitas bahan kursi cukup baik, meskipun hanya berwarna hitam polos dan beige untuk varian tertinggi.

Kabin Toyota Previa memuat penumpang hingga 8 orang. Meskipun mampu menampung 8 orang, bagian bagasi memiliki kesan lapang dan luas.

3. Performa mesin

Mesin yang digunakan Toyota Previa berkapasitas 2.400 cc 2AZ-FE dengan power mencapai 160 horsepower dan torsi mencapai 220 Nm. Tenaga mesin disalurkan lewat transmisi otomatis 4 percepatan berteknologi SUPERECT.

Baca Juga: Sila pilih, 7 mobil bekas MPV dengan harga di bawah Rp 100 juta

4. Fitur keselamatan

Fitur keselamatan penumpang dibekali SRS Airbag pada bagian depan mobil. Toyota Previa dikenal dengan suspensi yang cukup apik saat mobil terisi penuh.

Suspensi disematkan MacPherson Strut Coil spring with stabilizer untuk bagian depan. Sedangkan bagian belakang disematkan Torsion Beam with coil spring.

Toyota Previa meluncur dalam dua varian yakni tipe L dan tipe G. Perbedaan terdapat pada fitur interior mobil, seperti penyematan instrumen layar dan tambahan moonroof pada tipe G.

Lewat semua spesifikasi tersebut, varian lawas MPV dari Toyota ini bisa jadi mobil bekas pilihan Anda. Harga mobil bekas Toyota Previa kini berkisar Rp 80 juta saja. 

Jika Anda mencari mobil bekas Toyota Previa, patutnya mengecek lebih detail setiap fitur. Pastikan mobil bekas Toyota Previa tersebut dalam kondisi yang prima.

Kontan.co.id menghimpun beberapa harga mobil bekas Toyota Previa di situs mobil bekas Gridoto.com per 11 Agustus 2020. Wilayah penjualan mobil bekas Toyota Previa tersebut berada di Jakarta dan sekitarnya. Berikut daftar harganya:

Baca Juga: 10 mobil bekas asal Eropa dan AS dibandrol Rp 50 jutaan

Varian Tahun Spesifikasi Harga
A/T 2001 2.400cc Rp 80 juta
A/T 2002 2.400cc Rp 90 juta
A/T 2003 2.400cc Rp 100 juta
A/T 2004 2.400cc Rp 120 juta
A/T 2005 2.400cc Rp 140 juta

*Sumber: Gridoto.com 

*Harga tersebut dirangkum dari pedagang mobil bekas di area Jakarta dan sekitarnya

*Harga tergantung dengan kondisi kendaraan.

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

 

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru