Indonesia Melaju ke Final Piala Thomas 2024

Sabtu, 04 Mei 2024 | 20:09 WIB Sumber: Kompas.com
Indonesia Melaju ke Final Piala Thomas 2024

ILUSTRASI. Fajar Alfian/Rian turut menyumbangkan poin kala Indonesia membekuk Taiwan 3-0 pada semifinal Thomas Cup 2024. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt.


OLAHRAGA - JAKARTA. Fajar Alfian/Rian turut menyumbangkan poin kala Indonesia membekuk Taiwan 3-0 pada semifinal Thomas Cup 2024. Indonesia lolos ke final Piala Thomas 2024.

Duel Indonesia vs Taiwan merupakan laga semifinal Thomas Cup 2024 yang digelar di Hi-Tech Zone Sports Centre Gymnasium, Chengdu, China, Sabtu (4/5/2024).

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang turun pada partai kedua menang rubber game melawan Lee Yang/Wang Chi-Lin via skor 16-21, 21-19, 21-18. 

“Alhamdulillah bisa bermain dengan lancar dan tanpa cedera, bersyukur juga menang dan memberikan poin kedua untuk Indonesia,” kata Rian Ardianto.

Hasil yang didapatkan Fajar/Rian itu membawa Indonesia unggul 2-0 atas Taiwan pada semifinal Piala Thomas 2024.

Baca Juga: Indonesia Berhasil Melaju ke Final Uber Cup 2024 Setelah 16 Tahun

Pasangan ganda putra peringkat tujuh dunia itu mengaku kesulitan pada awal duel melawan Lee/Wang, peraih medali emas Olimpiade 2020.

“Lee/Wang bermain dengan baik, mereka mempunyai drive dan speed yang luar biasa. Beberapa kali di gim pertama mereka sangat percaya diri dan nyaman dengan pola permainannya. Sementara kami kurang siap dan banyak melakukan kesalahan sendiri,” ucap Muhammad Rian Ardianto.

Gemuruh suporter kemudian membangkitkan semangat juang dan kepercayaan diri Fajar/Rian.

“Di gim kedua dan ketiga, dukungan tim di belakang sangat berarti. Itu membakar semangat dan menambah pede kami,” ucap Rian.

Pada set pertama melawan Lee/Wang, Fajar/Rian mengaku belum menemukan pendekatan yang pas.

“Memang kami di gim kedua dan ketiga kami memaksa untuk mengadu pola yang mereka terapkan. Kami banyak mengadu drive yang ternyata efektif untuk mendapatkan poin. Di gim pertama kami ragu-ragu untuk melakukan itu,” kata Fajar Alfian.

“Kami mau mengubah pola dengan bermain bertahan tapi saya rasa kurang cocok karena kondisi shuttlecock yang lumayan kencang,” ujarnya.

Fajar/Rian tetap bisa menjaga tempo permainan kendati sang lawan asal Taiwan banyak memperoleh keuntungan dari lucky ball.

Baca Juga: Anthony Ginting Susul Jonatan Christie ke Babak 8 Besar Badminton Asia Championship

“Lucky ball memang banyak didapatkan pasangan Taiwan, sulit dikembalikan. Tapi kami tidak mau terlalu memikirkannya, fokus saja pada poin-poin berikutnya,” kata Fajar lagi.

Tepat setelah Fajar/Rian membekuk Lee Yang/Wang Chi-Lin, Jonatan Christie yang merupakan tunggal putra kedua Indonesia sukses menumbangkan Wang Tzu Wei.

Indonesia pun berhasil mengalahkan Taiwan 3-0 pada semifinal Thomas Cup 2024. Dengan demikian, tim Thomas dan Uber Indonesia sama-sama melangkah ke partai puncak.

Adapun terakhir kali Indonesia punya wakil di final Piala Thomas dan Uber adalah pada 1998, alias 26 tahun silam. 

“Selamat untuk tim Uber bisa masuk ke final. Setelah 16 tahun bisa masuk final lagi. Ada motivasi dari keberhasilan itu buat kami tim Thomas,” kata Fajar menyinggung tim Uber Indonesia yang bisa melaju ke final lagi setelah menanti 16 tahun.

Sebelum ini, terakhir kali tim Uber Indonesia merasakan atmosfer partai final adalah pada edisi 2008 yang digelar di Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia ke Final Piala Thomas 2024, Fajar/Rian Terlecut Prestasi Tim Uber"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru