Infrastruktur Danau Toba sudah bagus tapi belum semua mulus

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 07:00 WIB   Reporter: Agustinus Respati, Ratih Waseso, SS. Kurniawan
Infrastruktur Danau Toba sudah bagus tapi belum semua mulus


JEP Danau Toba - JAKARTA. Infrastruktur memainkan peran sangat penting dalam pengembangan pariwisata kawasan Danau Toba. Salah satunya, Bandara Internasional Silangit.

"Konektivitas Bandara Silangit sangat menjanjikan untuk menjadikan kawasan ini menjadi destinasi super prioritas," kata Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019.

Keberadaan bandara yang terletak di Siborongborong, Tapanuli Utara, memangkas waktu perjalanan ke Danau Toba. Contoh, ke Samosir lewat Prapat hanya butuh 2,5 jam termasuk menyeberang dengan feri.

Baca Juga: Silangit, gerbang utama kawasan pariwisata Danau Toba

Seiring jumlah penumpang yang terus bertambah, PT Angkasa (AP) II, pengelola Bandara Silangit, sedang memperluas terminal pasisir hingga lima kali lipat, dari saat ini 2.500 m² menjadi 10.499 m².

Perluasan itu membuat Bandara Silangit bisa mengakomodir hingga 1 juta penumpang per tahun. "Sekarang baru 500.000 penumpang," ujar Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan kepada Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019.

Baca Juga: Sensasi berendam di Air Soda yang hanya ada dua di dunia

Untuk akses ke tempat wisata, berdasarkan pantauan KONTAN, secara umum sudah bagus. Meski, beberapa akses ke objek wisata belum sepenuhnya beraspal.

Contoh, di beberapa titik menuju Bukit Holbung di Samosir masih berupa jalan tanah dan berbatu. Begitu juga dengan jalan dari Geosite Sipinsur ke Lembah Bakkara di Humbang Hasundutan belum semua mulus.

"Untuk jalan lingkar Samosir, dari total 145 km masih ada 21 km yang masih dalam proses perbaikan, paling tidak selesai tahun depan," imbuh Rapidin.      

Menurut Edward Tigor Siahaan, Pemilik Piltik Coffee dan Piltik Homestay, menyarankan, agar pemerintah membangun infrastruktur antardestinasi wisata. "Buatlah jalan-jalan yang ramah untuk bis-bis wisata dan ada trotoarnya," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru