kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Sensasi berendam di Air Soda yang hanya ada dua di dunia


Rabu, 07 Agustus 2019 / 11:27 WIB

Sensasi berendam di Air Soda yang hanya ada dua di dunia

KONTAN.CO.ID - TARUTUNG. Begitu mendengar kata air soda, yang ada di benak Anda tentu sebotol minuman dingin yang segar. Tapi, beda dengan air soda yang ada Desa Parbubu I, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Air soda di daerah yang populer dengan wisata religi Salib Kasih tersebut merupakan wisata pemandian. Nama tempat wisatanya Air Soda lantaran kolam pemandiannya mengeluarkan gelembung air dari celah-celah batu di dasar kolam seperti air soda.

Baca Juga: Silangit, gerbang utama kawasan pariwisata Danau Toba

Bukan cuma itu, air di dalam kolam pemandian tersebut kalau Anda minum rasanya seperti air soda. Dan, air soda cuma ada dunia di dunia, lo. Satu di Tarutung, dan satu lagi di Venezuela. Penasaran?

Waktu tempuh ke Wisata Alam Air Soda dari Tarutung, Ibu Kota Tapanuli Utara, tak makan waktu lama. Cukup 10 menit, Anda sudah sampai ke tempat wisata yang berada tepat di tepi sawah tersebut. Atau, sekitar 1 jam dari Bandara Silangit.

Baca Juga: Menggali potensi properti di setiap jengkal tanah bibir Trans Jawa

Anda bisa mengunjungi Air Soda sedari pagi. Menurut Restu Tobing, salah satu pengelola, banyak pengunjung datang untuk mengambil air di kolam sejak jam 5 pagi. "Karena bisa diminum dan rasanya seperti air soda, berkhasiat untuk kesehatan," katanya kepada Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019.

Warga setempat percaya, air soda dari kolam tersebut memiliki banyak manfaat jika diminum secara rutin, bisa menyembuhkan penyakit, seperti diabetes dan asam urat. Tapi, "Tidak boleh dimasak," ujarnya.

Selain itu, Restu menambahkan, dengan berendam di kolam ini, kulit menjadi lebih sehat dan menyembuhkan gatal-gatal. Kolam pemandian memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter dan mampu menampung sekitar 50 orang sekaligus.

"Air Soda sudah dibuka sejak tahun 1967, penemunya adalah nenek saya. Sekarang tempat ini dikelola tiga anaknya secara bergantian," cerita Restu.

Baca Juga: Melepas penat bersama camilan dan seseruput kopi di rest area tol Trans Jawa

Untuk menikmati sensasi berendam di Air Soda tak perlu merogoh kocek yang dalam. Anda cukup membeli makanan yang dijual di warung yang bersebelahan dengan kolam soda. Ada aneka kudapan, seperti gorengan juga kuliner khas tradisional. Atau, jika tak ingin membeli makanan, cukup memberikan uang kebersihan seikhlasnya.


Reporter: Agustinus Respati
Editor: Wahyu Rahmawati
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 0.1991

Close [X]
×