Ingin pelihara anak kucing? Simak dulu tips merawat anak kucing berikut ini

Kamis, 16 Juli 2020 | 12:15 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ingin pelihara anak kucing? Simak dulu tips merawat anak kucing berikut ini

ILUSTRASI. Ilustrasi. Anak kucing perlu dirawat dengan baik dan diajak bermain agar tunbuh sehat serta bahagia.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda ingin memelihara anak kucing? Sebaiknya simak dulu tips memelihara anak kucing berikut ini. 

Punya hewan peliharaan di masa wabah virus corona bisa jadi hiburan untuk Anda. Selain itu, hewan peliharaan bisa menghilangkan stres, sehingga daya tahan tubuh Anda tetap terjaga. 

Kucing jadi salah satu hewan yang paling banyak dijadikan hewan peliharaan. Maklum saja, kucing punya wajah dan tingkah yang menggemaskan. 

Baca Juga: Kucing anggora Anda bermasalah? Begini cara merawatnya

Alih-alih membeli kucing dewasa, Anda bisa mengadopsi anak kucing. 
Memelihara anak kucing tidak kalah menyenangkan dengan memelihara kucing dewasa. Selain itu, anak kucing lebih menggemaskan loh.

Namun, Anda jangan mengadopsi anak kucing yang baru lahir. Mengutip dari Bobo. grid.id , anak kucing tersebut masih sangat tergantung dengan induknya. 

Sebaiknya, Anda mengadopsi anak kucing minimal berusia satu bulan. Anak kucing berusia 30 hari sudah bisa melihat, mengeluarkan cakarnya, dan bermain-main. 

Yang Perlu Anda perhatikan dan ingat, memelihara anak kucing butuh cara dan penanganan khusus. Tujuannya, agar anak kucing bisa beradaptasi dan tumbuh dengan baik. 

Berikut tips memelihara anak kucing untuk Anda yang belum berpengalaman.

Siapkan tempat tinggal 

Mengutip dari situs resmi Whiskas Indonesia Anda wajib menyiapkan tempat tinggal yang nyaman sebelum membawa anak kucing pulang. 

Usahakan Anda meletakkan rumah kucing ditempat yang tenang dan pintu ruangan terbuka. Tujuannya, agar anak kucing bisa menjelajah untuk mengenali lingkungan barunya. 

Tempat buang air 

Selain rumah untuk si anak kucing, Anda juga harus menyiapkan wadah untuknya buang air. 

Anda sebaiknya melengkapi wadah buang air dengan pasir dan juga sekop. Jangan lupa, Anda bersihkan wadah tersebut secara rutin. Sebeb, anak kucing senang menjaga tubuhnya tetap bersih. 

Kenalkan tempat tinggal anak kucing 

Saat Anda membawa pulang anak kucing, hal pertama yang harus dilakukan adalah memperlihatkan rumah atau tempat tinggalnya. 

Pada dua sampai tiga pertama biarkan anak kucing berada di dalam rumah untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya. 

Beri pakan teratur 

Anda tidak inginkan anak kucing berakhir mati. Anda wajib memberikan pakan anak kucing secara teratur dua sampai tiga kali sehari. 

Mengutip dari Kompas.com, Anda sebaiknya memberi pakan anak kucing sedikit demi sekit tapi sering. Untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi anak kucing, sebaiknya Anda memberi pakan kering. 

Rawat kebersihan dan kesehatan anak kucing 

Anda wajib membersihkan tubuh anak kucing. Anda sebaiknya memandikan anak kucing dengan air hangat. Kenalkanlah anak kucing dengan air dan mandikan dengan lembut.  

Tidak hanya memandikan anak kucing, Anda juga harus membersihkan area telinga, hidung dan mata. 

Anda bisa menggunakan cotton bud dan memberikan cairan khusus untuk membersihkan mata dan telinga anak kucing. 

Mengutip dari situs Royal Canin, Anda juga wajib membersihkan gigi anak kucing dengan sikat dan pasta gigi khusus kucing. Hal ini untuk menghindari penumpukan karang gigi. 

Selain itu, Anda juga wajib membersihkan kuku anak kucing dengan tisu basah. Terakhir jangan lupa Anda untuk menyisir bulu si anak kucing ya. 

Beri perhatian dan rawat dengan hati 

Sebagai tuannya, Anda wajib meluangkan waktu untuk bermain dengan anak kucing. Selain itu, Anda juga wajib memperhatikan gerak-geriknya. Sehingga, saat anak kucing sakit Anda bisa mengetahuinya dengan cepat. 

Bermain dengan hewan peliharaan membuat Anda dan anak kucing menjadi bahagia. 

Baca Juga: Ingin pelihara kucing himalaya? Ini panduan cara merawatnya

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru