Ini 10 Jurusan di SMK yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan, Cek Apa Saja

Rabu, 09 November 2022 | 12:29 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini 10 Jurusan di SMK yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan, Cek Apa Saja

ILUSTRASI. Ini 10 Jurusan di SMK yang Banyak Dibutuhkan di Masa Depan, Cek Apa Saja.


KONTAN.CO.ID -  Pendidikan Vokasi semakin banyak dibutuhkan di dunia kerja. Banyak lulusan pendidikan ini, contohnya seperti lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yang dicari oleh perusahaan.

Bersumber dari situs Sekolah BPK Penabur, Siswa SMK memang memiliki fokus pada praktek kerja nyata, sehingga setelah lulus sudah siap terjun ke dunia kerja.

Meskipun demikian, lulusan SMK tidak kalah dengan lulusan Diploma atau Sarjana, khususnya di dunia kerja. 

Apa saja jurusan SMK yang banyak di butuhkan di perusahaan masa depan? Simak daftarnya ini.

Baca Juga: Cara Cek Kepesertaan Seleksi PPPK Nakes Tahun 2022, Anda Sudah Terdaftar?

Akuntansi

Salah satu jurusan SMK yang paling banyak dicari adalah Akuntansi. Siswa akan belajar berbagai bentuk transaksi keuangan, seperti mencatat, mengelola hingga menyajikan data. 

Lulusan SMK jurusan Akuntansi pun bisa bersaing dengan lulusan perguruan tinggi dan cukup banyak dicari oleh perusahaan.

Administrasi Perkantoran

Di jurusan ini siswa akan mempelajari tentang administrasi di lingkungan kantor. Anda akan belajar mengenai penataan surat menyurat, pengetikan dokumen hingga pengelolaan arsip kantor. 

Jurusan ini sangat cocok untuk Anda yang teliti dan sangat menyukai detail.

Bisnis dan Pemasaran

Kalau Anda mencari jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan, Bisnis dan Pemasaran bisa jadi pilihannya. Kenapa? Karena semua bidang usaha pasti butuh ilmu bisnis dan pemasaran untuk mengembangkannya. 

Pada jurusan ini Anda akan belajar mengelola bisnis online, penataan dan inovasi produk, marketing hingga administrasi transaksi.

Broadcasting

Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan suka berbicara di depan umum? Ini artinya Anda cocok sekali dengan jurusan SMK Broadcasting. 

Apalagi, sekarang bukan hanya industri TV dan siaran radio yang membutuhkan penyiar, karena siswa juga bisa menjadi staf YouTuber terkenal.

Animasi

Saat ini animasi merupakan salah bidang yang berkembang sangat pesat. Ini karena animasi adalah produk global yang dapat dinikmati semua kalangan. 

Belakangan, animasi juga sering digunakan dalam dunia marketing karena menarik dan lebih mudah dicerna masyarakat. 

Baca Juga: Link, Harga, dan Cara Beli e-Meterai untuk Dokumen Pendaftaran PPPK 2022

Pariwisata

Pesona Indonesia memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi bagi penyuka travelling. Jurusan SMK satu ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkontribusi dalam mendukung sektor pariwisata. 

Selain itu, mereka juga didorong menciptakan lapangan kerja sendiri di dunia pariwisata. Siswa akan mempelajari bahasa asing, pelayanan, hingga informasi objek wisata.

Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan SMK yang banyak dibutuhkan di masa depan selanjutnya adalah Rekayasa Perangkat Lunak. Di jurusan ini siswa akan belajar semua cara pengembangan perangkat lunak. 

Termasuk pembuatan, pemeliharaan, pengembangan dan manajemen kualitas. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) juga berkaitan dengan pembuatan aplikasi, website dan semua yang bersinggungan dengan pemrograman komputer. 

Desain Grafis/Multimedia

Keterampilan desain grafis dan multimedia banyak di butuhkan di era digital ini. Siswa akan belajar cara membuat teks, video hingga animasi menggunakan berbagai software design. Jurusan ini cocok untuk siswa yang kreatif yang berbakat di bidang seni.

Tata Busana

Tata Busana menjadi jurusan yang tepat untuk siswa yang tertarik dengan dunia mode atau fashion. Jurusan ini akan mengasah keterampilan Anda dalam mendesain pakaian dan menjualnya ke pasaran. 

Siswa akan belajar cara membuat pola, bahan-bahan tekstil dan Teknik menjahit.

Analis Kimia

Analis Kimia merupakan salah satu jurusan SMK yang banyak dicari di dunia kerja. Jurusan satu ini belajar berbagai hal tentang ilmu kimia, baik kimia murni maupun terapan. 

Siswa akan mempelajari tentang laboratorium kimia, alat industri, operasi Teknik dan banyak lainnya. Lulusannya bisa bekerja sebagai staf laboratorium, analis mikrobiologi hingga quality control di perusahaan farmasi maupun pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru