Edukasi

Ini 4 cara belajar dengan metode Feynman, mudah dicoba banyak kalangan

Kamis, 26 November 2020 | 11:46 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini 4 cara belajar dengan metode Feynman, mudah dicoba banyak kalangan

ILUSTRASI. Ini 4 cara bejalar dengan metode Feynman, mudah dicoba banyak kalangan. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

KONTAN.CO.ID -  Kegiatan belajar, bagi sebagian orang mungkin sebuah kegiatan yang cukup sulit. Tetapi, dengan metode belajar yang tepat bisa membuat belajar lebih efektif.

Ada macam-macam metode pembelajaran yang bisa Anda pilih. Metode belajar Feynman adalah salah satunya. Metode ini bisa menjadi pilihan belajar yang efektif.

Bersumber dari Medium, metode belajar Feynman pertama kali dikembangkan oleh Richard Feynman. Metode ini menitikberatkan bagaimana Anda menyampaikan kembali materi dengan sederhana. 

Secara garis besar, metode Feynman mengajak Anda untuk berpura-pura sebagai seorang pengajar. Anda akan membayangkan bagaimana menyampaikan sebuah materi secara sederhana dan jelas. 

Jika Anda mampu menjelaskan materi rumit dengan sederhana, maka Anda sudah memahami konsep materi tersebut secara global. Cara ini bisa membantu Anda memahami materi dan menemukan pemecahan masalah dalam materi tersebut. 

Baca Juga: Mempelajari struktur serta fungsi dari hati manusia

Bagaimana cara belajar dengan metode Feynman? Berikut cara dan langkah belajar dengan metode Feynman:

  • Langkah pertama

Cara belajar dengan metode Feyman, dikutip dari University of Colorado, adalah belajar. Tulis nama konsep serta materi yang akan dipelajari di kertas kosong.

Tambahkan juga poin-poin penting dari materi yang akan dipelajari. Pisahkan poin yang sudah Anda pahami dan yang belum dipahami. 

  • Langkah kedua

Sekarang cobalah berpura-pura Anda sedang memberi materi kepada anak-anak. Posisi kan Anda sebagai seorang guru yang akan memberikan materi ke anak SD. 

Tulis materi tersebut dengan bahasa yang sederhana dan jelas. Cara ini bisa mempermudah Anda memahami materi yang dipelajari. Anda juga bisa tahu bagian materi mana yang belum dipahami. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru