CLOSE [X]

Ini 8 Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara, Cek Instalasi Driver Audio

Kamis, 09 November 2023 | 14:33 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 8 Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara, Cek Instalasi Driver Audio

ILUSTRASI. Ini 8 Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara, Cek Instalasi Driver Audio


Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara - JAKARTA. Kenali cara mengatasi laptop tidak ada suara yang keluar dari perangkat. Fitur audio cukup penting dalam suatu perangkat karena berhubungan dengan munculnya output program berupa suara.

Suara pada laptop merupakan salah satu fitur keluaran audio yang dihasilkan oleh perangkat tersebut.

Laptop umumnya dilengkapi dengan sistem audio internal yang mencakup speaker atau port audio untuk menghubungkan perangkat audio eksternal.

Nah, suara pada laptop dapat diintegrasikan dengan fitur dan program yang dijalankan pada laptop termasuk sumber suara dari laman website.

Baca Juga: 2 Cara Menyalakan dan Mematikan Komputer Windows dengan Benar

Suara pada laptop dapat mencakup berbagai jenis, termasuk:

  • Efek Suara Sistem (System Sounds): Ini termasuk suara notifikasi, peringatan, atau suara lain yang dihasilkan oleh sistem operasi laptop untuk memberi tahu pengguna tentang peristiwa tertentu seperti pesan masuk atau perubahan status.
  • Audio Multimedia: Suara dari video, musik, atau konten multimedia lainnya yang diputar di laptop. Ini dapat mencakup suara dari aplikasi seperti pemutar musik, pemutar video, atau peramban web saat memutar video.
  • Suara Aplikasi: Beberapa aplikasi mungkin menghasilkan suara sebagai bagian dari fungsionalitas. Misalnya, permainan komputer atau program pengeditan audio dapat menghasilkan suara khusus tergantung pada aktivitas yang sedang dilakukan.
  • Percakapan atau Panggilan Suara (Voice Calls): Laptop yang dilengkapi dengan mikrofon dan speaker dapat digunakan untuk panggilan suara atau konferensi video. Suara dari percakapan tersebut merupakan bagian dari suara pada laptop.
  • Suara Sistem Operasi (OS): Beberapa laptop menghasilkan suara selama proses booting atau shutdown, serta suara saat mengakses atau menutup program atau jendela.

Sayangnya, pengguna bisa saja menemui masalah terakit suara laptop yang tidak muncul dengan baik.

Cara mengatasi laptop tidak ada suara

Laptop tidak keluar suara

Jika ada masalah dengan suara pada laptop, itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Anda perlu mengenal beberapa masalah terkait dengan penyebab laptop tidak ada suara yang keluar.

Intip beberapa cara mengatasi laptop tidak ada suara yang keluar dari speaker dilansir dari laman PCMag.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Akun Microsoft di HP hingga Laptop untuk Pengguna Baru

1. Volume Terlalu Rendah

Pastikan volume laptop tidak terlalu rendah atau mati. Kadang-kadang, secara tidak sengaja volume dapat diatur ke tingkat yang sangat rendah atau dimatikan.

Pengguna Mac yang menjalankan macOS Big Sur atau lebih baru akan menyembunyikan kontrol suara di dalam ikon Pusat Kontrol di sudut kanan atas layar. Seret bilah Suara ke kanan untuk membuat suara lebih keras. Untuk perangkat yang menjalankan OS lama, akan ada tombol suara tersendiri.

2. Driver Audio Tidak Terinstal dengan Benar

Beberapa laptop Windows memiliki pengaturan bawaan untuk memiliki driver audio. Driver audio yang rusak atau tidak terinstal dengan benar dapat menyebabkan masalah suara.

Anda juga dapat mencoba menghapus instaler driver. Pada bagian Control Panel. Klik kanan perangkat yang ingin Anda gunakan dan pilih Uninstall Device.

Anda bisa menyalakan ulang Windows dan Windows akan mencoba menginstal ulang driver generiknya, lalu tes apakah speaker hidup kembali.

3. Perangkat Audio Default yang Salah Dipilih

Mungkin perangkat audio default yang dipilih tidak benar. Periksa pengaturan audio dan pastikan perangkat audio yang benar dipilih sebagai perangkat output default.

Anda juga dapat mencoba menyambungkan sepasang headphone USB (seperti headset gaming USB ) jika Anda memiliki alat seperti itu. Ini dapat melewati driver audio default dan menunjukkan di mana letak masalahnya, jadi patut dicoba.

4. Masalah pada Jack Audio atau Port

Apabila Anda menggunakan headphone atau speaker eksternal, pastikan bahwa jack audio atau port yang Anda gunakan berfungsi dengan baik. Kadang-kadang, kotoran atau kerusakan pada port dapat menghambat suara.

5. Masalah Speaker atau Audio Internal

Speaker internal atau perangkat audio laptop mungkin mengalami kerusakan. Tanda kerusakan speaker laptop bisa ditandai dengan penurunan kualitas audio dalam jangka waktu singkat.

Jika itu masalahnya, maka Anda perlu diperiksa oleh teknisi atau ahli perbaikan.

6. Nonaktifkan Peningkatan Audio

Saat Anda mengalami masalah audio, Microsoft menyarankan untuk menonaktifkan penyempurnaan audio apa pun yang mungkin diaktifkan.

Bagi pengguna yang menggunakan Windows 11, buka Pengaturan, kemudian Sistem dan klik Suara. Anda lalu pilih perangkat keluaran saat ini dan matikan hal-hal seperti fitur peningkatan audio dan Suara spasial.

7. Kesalahan Software

Beberapa program atau aplikasi dapat menyebabkan konflik dengan pengaturan audio. Pastikan tidak ada aplikasi yang mengontrol atau menghentikan output audio secara tidak sengaja.

8. Perbarui BIOS

Meski kasus yang jarang terjadi, ketidakcocokan perangkat keras, pembaruan perangkat lunak, atau penginstalan ulang Windows dapat menyebabkan suara berhenti berfungsi.

Sehingga, pengguna laptop Windows mungkin perlu mengubah sesuatu di BIOS.

Lalu, Anda perlu menyalakan ulang komputer Anda dan masuk ke menu pengaturan BIOS/UEFI. Teknisi menyarankan untuk menekan Delete, F2, atau tombol lainnya saat startup.

Bila Anda tidak dapat menentukan penyebab masalah dan tidak dapat memperbaikinya sendiri, disarankan untuk menghubungi dukungan teknis atau membawa laptop ke layanan perbaikan profesional.

Itulah sederet cara mengatasi laptop tidak ada suara yang bisa Anda kenali dengan langkah-langkah di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru