Inilah 7 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan HP Cepat Rusak

Kamis, 21 Maret 2024 | 16:14 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Inilah 7 Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan HP Cepat Rusak

ILUSTRASI. Kebiasaan Sepele yang Menyebabkan HP Cepat Rusak.(Warta Kota/Henry Lopulalan)


Penyebab HP Cepat Rusak - JAKARTA. Inilah beberapa kebiasaan yang dapat mempercepat kerusakan HP. Kerusakan pada perangkat HP bisa disebabkan oleh berbagai faktor, baik dari penggunaan maupun faktor usia perangkat.

Pentingnya smartphone atau HP dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa dipungkiri, karena digunakan untuk berbagai keperluan digital.

Nah, banyak pengguna yang kurang menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari yang dianggap sepele dapat mengakibatkan kerusakan pada HP dengan cepat.

Perangkat HP memiliki usia terbatas, biasanya hanya beberapa tahun, karena produsen terus memperbarui perangkat lunak dan perangkat keras untuk meningkatkan kinerja dan kenyamanan pengguna.

Baca Juga: 4 Kebiasaan yang Membuat Laptop Cepat Rusak, Pengguna Laptop Jangan Biasakan

Kebiasaan sepele yang merusak HP

HP Rusak Mendadak

Kebiasaan yang dapat menyebabkan kerusakan pada HP bisa beragam, dan semakin lama perangkat digunakan, semakin rentan terhadap kerusakan.

Penting bagi pengguna untuk memahami dan menghindari kebiasaan yang dapat merusak HP agar perangkat tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Tidak hanya kesalahan dari pengguna, tetapi terdapat juga kesalahan yang muncul dari segi perangkat lunak maupun perangkat keras, sehingga penting bagi pengguna untuk memahami beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kerusakan pada HP tanpa disadari.

Beberapa kebiasaan sepele berikut perlu diwaspadai bagi pemilik HP Android hingga iPhone, simak rangkuman dari laman Dynamo Cover.

Baca Juga: Ini 7 Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di HP Android dengan Mudah

1. HP sering mengalami jatuh

Kerusakan pada HP sering kali disebabkan oleh jatuh dengan tekanan tinggi. Pastikan untuk menyimpan HP dengan hati-hati dan aman saat Anda sedang aktif bergerak.

2. Penggunaan berlebihan aplikasi

Bila Anda menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan atau aplikasi berat bisa membuat HP menjadi lambat atau bahkan terlalu panas.

3. Masalah pada perangkat lunak

Perubahan pada perangkat lunak atau software HP dapat menyebabkan masalah, mulai dari kinerja yang buruk hingga kegagalan penggunaan. Periksa apakah ada pembaruan yang salah atau infeksi virus pada perangkat lunak.

4. Tidak menggunakan pelindung layar

Saat Anda mengabaikan penggunaan pelindung layar atau casing dapat membuat HP lebih rentan terhadap goresan, pecah, atau kerusakan fisik lainnya.

5. Penggunaan HP dalam kondisi terlalu panas

HP untuk aplikasi berat atau meninggalkannya di bawah sinar matahari terlalu lama dapat merusak baterai dan membuat perangkat menjadi panas.

6. Paparan air dan kelembaban

Kontak dengan air atau kelembaban dapat menyebabkan kerusakan permanen pada komponen internal HP. Pastikan untuk menjauhkan HP dari air dan menyimpannya dengan aman saat cuaca lembap.

7. Pengisian daya yang tidak benar

Anda membiarkan HP tetap terhubung ke charger setelah baterainya penuh atau menggunakan charger yang tidak sesuai dapat merusak baterai dan sirkuit HP. Pastikan untuk menggunakan charger yang sesuai dan hindari overcharging.

Itulah informasi terkait masalah kebiasaan penyebab HP cepat rusak sehingga patut diwaspadai oleh pengguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru