Jaga kebersihan, pendukung Jepang membuat terkesan Piala Dunia

Rabu, 20 Juni 2018 | 13:27 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
Jaga kebersihan, pendukung Jepang membuat terkesan Piala Dunia

ILUSTRASI. Pendukung tim Jepang


PIALA DUNIA 2018 -MORDOVIA. Sikap terpuji dilakukan pendukung Jepang usai menyaksikan tim kesayangannya mengalahkan Kolombia di Stadion Mordovia, Selasa (19/6). Sebelum berpesta merayakan kemenangan fantasi tersebut, para pendukung tim Samurai Biru ini memilih untuk membersihkan sisa sampah yang bertebaran di tribun stadion.

Mengutip BBC, sebagian besar pendukung Jepang sudah melengkapi diri dengan membawa kantor sampah besar. Banyak diantara mereka yang keluar stadion sambil melewati kursi sambil memungut sampah makanan dan minuman yang berserakan.

"Ini bukan hanya bagian dari budaya sepak bola tetapi bagian dari budaya Jepang," kata Scott McIntyre, jurnalis sepak bola Jepang kepada BBC, Rabu (20/6). Menurutnya, ini bukan pertama kalinya pendukung Negeri Matahari Terbit tersebut menunjukan prilaku terpujinya saat pertandingan internasional.

Namun, bagi sebagian pendukung negara lain, kebiasaan bersih-bersih pendukung Jepang ini memang mengejutkan. "Membersihkan stadion setelah pertandingan sepak bola merupakan kebiasaan yang sudah tercipta sejak di sekolah dasar, di mana anak-anak membersihkan ruang kelas dan lorong sekolah mereka masing-masing," jelas Scott North, profesor sosiologi di Universitas Osaka.

Di sisi lain, timnas Jepang masih menjaga asa untuk lolos dari Grup H setelah menekuk Kolombia 2-1 di laga perdana. Tim Samurai Biru ini baru akan menjalani laga kedua melawan Senegal pada 24 Juni 2018. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru