Jangan Pusing Lagi, Ini Daftar Menu Bekal Anak Sekolah SD Selain Nasi

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:41 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan Pusing Lagi, Ini Daftar Menu Bekal Anak Sekolah SD Selain Nasi

ILUSTRASI. Jangan Pusing Lagi, Ini Daftar Menu Bekal Anak Sekolah SD Selain Nasi


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Catat sejumlah menu bekal anak sekolah dasar atau SD. Daftar menu bekal anak sekolah bisa Anda gunakan untuk membawakan makanan spesial bagi buah hati yang kini kembali aktif belajar di SD secara tatap muka.

Menyiapkan menu bekal anak sekolah SD bisa menjadi hal yang membingungkan untuk para ibu. Pasalnya, menu bekal anak sekolah SD harus bervariasi setiap hari agar tidak bosan.

Kita harus putar otak agar bisa mendapatkan ide menu bekal anak sekolah SD setiap hari, yang bukan hanya bernutrisi namun juga tidak disukai. Harapannya, makanan menu bekal sekolah yang kita siapkan disukai oleh anak sehingga disantap habis.

Membawa bekal makanan ke sekolah untuk anak memang memiliki berbagai manfaat mulai dari kebiasaan untuk berhemat, nutrisi yang lebih terjamin dan membiasakan anak makan tepat waktu.

Berbagai ide menu bekal anak sekolah SD selain nasi

Biasanya, para ibu akan menyiapkan menu bekal anak sekolahh yang sehat bernutrisi lengkap dengan karbohidrat seperti nasi dan beberapa lauk kesukaan anaknya. Sayangnya, jika terus menerus diberi bekal nasi putih, lama kelamaan anak bisa bosan dan menolak makan.

Baca Juga: Tips Membuat Bekal Penuh Gizi untuk Anak, Persiapan Sekolah Tatap Muka

Jadi para ibu perlu memutar otak untuk mencari menu bekal anak sekolah SD yang unik selain nasi yang tetap sehat. Namun tak perlu khawatir karena saat ini ada banyak inspirasi menu bekal anak sekolah SD yang unik namun tetap sehat, seperti yang sudah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber.

Simak daftar menu bekal anak sekolah SD selain nasi di bawah ini:

Meatball dan apel “monster”

Daftar menu pertama bekal anak sekolah SD selain nasi adalah meatball dan apel "monster". Penulis buku "Everyday Bento", Wendy Copley sempat membuat menu bento bekal anak yang lucu.

Copley membuat meatball (bola daging) lucu berbentuk kepala monster yang diberi mata buatan. Dia juga melengkapinya dengan buah apel yang dipotong bergerigi di bawahnya dengan sebuah paring knife. Tak lupa, apel itu pun diberi mata bulat dari icing sugar.

Kita bisa menempelkan mata monster dengan cream cheese, selai kacang, atau madu. Untuk pengganti nasi, tambahkan saja beberapa cracker asin yang renyah sebagai sumber karbohidrat. Sayuran dan buah lain juga bisa ditambahkan sesuai selera.

Garden of Bento

Daftar menu kedua bekal anak sekolah SD selain nasi adalah garden of bento. Copley juga membuat menu unik lain yang ia namakan “Garden of Bento.” Seperti namanya, menu ini mengambil inspirasinya dari taman bunga.

Untuk membuatnya, Copley menghadirkan tuna salad yang telah diberi perasan lemon dan potongan timun lalu memasukkannya ke dalam wadah silikon berbentuk bunga dengan cracker gandum di sekelilingnya.

Lalu untuk bagian “taman” lainnya, ia membentuk buah anggur menjadi seperti kelopak bunga dan menambahkan tusuk gigi imut berbentuk lebah madu.

Dia juga menjadikan buncis sebagai “rumput” dan menghiasnya dengan tusuk gigi berbentuk kumbang kepik. Kita bisa meniru iide bekal anak sekolah ini maupun mengadaptasinya dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur.

Pasta keju

Daftar menu ketiga bekal anak sekolah SD selain nasi adalah pasta keju. Pasta juga bisa jadi pengganti nasi yang baik dan mengenyangkan.

Kita bisa membuat pasta salad dingin untuk anak yang enak dan mudah dibuat. Iris beberapa potong mozarella dan campurkan dengan pasta yang telah dimasak. Lalu agar lebih sehat, jangan lupa sertakan buah dan sayuran seperti potongan apel serta tomat dan mentimun. Kita juga bisa menyertakan sedikit camilan untuk anak di kotak bekalnya.

Stik keju balut daging, “sate” sayur, dan cracker

Daftar menu keempat bekal anak sekolah SD selain nasi adalah stik keju balut gading. Situs Baked Bree memberi inspirasi bekal yang warna-warni namun tetap sehat.

Buat daging dan keju terlihat lebih menarik dengan membuat stik keju berbalut sliced meat yang dipadukan dengan sayuran yang dibuat menjadi sate.

Lalu cracker bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat dalam menu bekal sekolah anak tersebut. Kita juga bisa menyiapkan saus dressing yang disukai anak sebagai cocolan untuk sate sayur dan stik keju.

Roti panggang dan stik fondue

Daftar menu kelima bekal anak sekolah SD selain nasi adalah roti panggang dan stik fondue. Anak senang makan roti? Jika iya, kita bisa memberikannya bekal roti panggang yang dipotong dadu.

Masukkan juga sayuran yang dipotong menjadi stik dan siapkan salad dressing berupa fondue versi “takeaway.” Ya, fondue biasanya identik dengan saus keju cair yang berada di atas tungu kecil.

Namun, kita bisa membawanya ke dalam kotak bekal anak dengan membuat saus keju yang dicampurkan dengan mayonaise agar kejunya tak membeku.

Itulah daftar menu bekal anak sekolah SD selain nasi. Anda juga bisa melakukan variasi sendiri menu bekal sekolah anak SD ini agar cocok dengan kesukaan si buah hati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Ide Menu Bekal Anak Sekolah Selain Nasi yang Tidak Bikin Bosan",


Penulis : Anya Dellanita
Editor : Sekar Langit Nariswari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru