Layanan internet berbasis satelit besutan SpaceX memiliki kecepatan hingga 60 Mbps

Rabu, 19 Agustus 2020 | 11:35 WIB   Penulis: Arif Budianto
Layanan internet berbasis satelit besutan SpaceX memiliki kecepatan hingga 60 Mbps

ILUSTRASI. Layanan internet berbasis satelit besutan SpaceX memiliki kecepatan hingga 60 Mbps


TEKNOLOGI - SpaceX memiliki satelit-satelit yang diluncurkan untuk membeirkan layanan internet berbasis satelit. Lewat satelit Starlink, berapa ya kecepatan internet yang ditawarkan oleh perusahaan milik Elon Musk ini ?

Seiring dengan berkembangnya waktu, teknologi pun berkembang pesat. Salah satunya internet yang kemudian menjadi kebutuhan yang cukup penting bagi sebagian orang saat ini.

Mulai dari sekedar mencari hiburan hingga meeting online membutuhkan koneksi internet. Bahkan berbelanja semakin mudah lewat e-commerce yang juga harus di akses membutuhkan koneksi internet.

Penyedia layanan internet umumnya menggunakan kabel fiber optik atau wireless memanfaatkan jaringan telepon seluler. 

Baca Juga: Bikin kecewa, satelit Starlink milik Elon Musk mengganggu keindahan komet Neowise

Namun tidak untuk SpaceX, perusahaan besutan Elon Musk menawarkan layanan internet lewat satelit. Apakah layanan internet berbasis satelit ini cepat ?

Mengutip dari Arstechnica.com, beberapa pengguna layanan internet Starlink di Amerika Serikat membagikan kecepatan internet ini lewat forum Reddit.

Dalam beberapa laporan pengguna layanan internet Starlink tercatat kecepatan internetnya 11 sampai 69 Mbps untuk download. Sementara kecepatan upload berkisar dari 5 sampai 18 Mbps.

Sementara ping atau latency yang dihasilkan sekitar 31 sampai 94 ms (milisecond). Dengan nilai latency tersebut juga masih ideal untuk memenuhi kebutuhan bermain game. Dengan begitu respon saat bermain game tidak mengalami lag.

Pengguna layanan internet Starlink menguji kecepatan internetnya lewat Ookla Speedtest.net. Sehingga data yang tersaji cukup akurat.

Menilik kecepatan internet tersebut sudah cukup layak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari sekedar berkomunikasi lewat pesan teks atau video call hingga bermain game online.

Meski kecepatan internet yang dihasilkan sudah cukup layak, faktanya masih belum memenuhi target SpaceX. Mereka merencanakan bahwa layanan internet lewat satelit ini mampu memberikan kecepatan 1 Gbps atau 1000 Mbps.

Tentu saja masih cukup jauh menyentuh kecepatan tersebut. Pihak SpaceX saat ini telah meluncurkan setidaknya 600 satelit Starlink di wilayah Amerika Serikat untuk memenuhi kebutuhan internet.

Kelak SpaceX juga bakal meluncurkan lebih dari seribu satelit Starlink untuk menghadirkan layanan internet ini lebih luas. 

Untuk saat ini layanan internet Starlink baru bisa di akses di wilayah Washington. SpaceX juga bakal meluncurkan layanan internet Starlink secara global tahun 2021 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru