Lead the Fest ajak anak muda jadi relawan penerjemah

Selasa, 21 Juli 2020 | 22:33 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Lead the Fest ajak anak muda jadi relawan penerjemah

ILUSTRASI. Lead The Fest


PAMERAN - JAKARTA. Pemimpin.id, yayasan yang fokus pada pendidikan dan pengembangan ekosistem kepemimpinan di Indonesia, mengajak pemuda-pemudi bangsa untuk ambil bagian dalam kebangkitan literasi Indonesia.

Organisasi yang lahir satu tahun lalu ini menginisiasi sebuah kegiatan bernama Lead the Fest (LTF). LTF tahun ini mengangkat tema Kebangkitan Literasi Indonesia #LiteratetoLead. Kegiatan  ini diselenggarakan sebagai sarana untuk merayakan kepemimpinan Indonesia.

Salah satu bagian dari Lead the Fest adalah gerakan 1000 Translations for Change. Gerakan ini mengajak anak muda menerjemahkan 1000 ringkasan buku berbahasa Inggris, hasil terjemahan ini nantinya akan didistribusikan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan ilmu kepemimpinan, namun punya keterbatasan dalam berbahasa Inggris.

Baca Juga: Kelompok Tuli Gresik binaan Pertagas ikut pelatihan desain fesyen dan bisnis

Aditya Rian, Co-founder PemimpinID menjelaskan bahwa Lead the Fest merupakan kegiatan yang dirancang untuk mengimplementasikan misi besar Pemimpin.id dalam hal pemerataan pendidikan kepemimpinan di Indonesia. “Selain itu, kegiatan ini diselenggarakan sebagai cara untuk merayakan kepemimpinan dalam menyongsong HUT Kemerdekaan RI ke-75,” ujar Aditya dalam keterangannya, Selasa (21/7).

Semua kalangan bisa terlibat menjadi relawan dalam gerakan 1000 Translation for Change. Syaratnya antara lain warga negara Indonesia yang berusia 18 - 34 tahun, memiliki kemampuan berbahasa Inggris minimal Intermediate atau B1, bisa mengoperasikan Power Point, dan mampu menceritakan ulang (bukan sekadar menerjemahkan) konten berbahasa inggris.

Relawan penerjemah yang dinyatakan lulus saat proses pendaftaran akan diminta untuk membuat ulasan dari rangkuman buku yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Adapun buku yang diterjemahkan adalah buku - buku bertema kepemimpinan, di antaranya buku pengembangan diri, politik, kewirausahaan, komunikasi, dan ekonomi.

Sebagai bentuk terima kasih atas kontribusi relawan, Pemimpin.id akan memberikan reward kepada para relawan di antaranya e-sertifikat, akses mendapatkan hasil terjemahan (1000 dokumen), dan akses mengikuti beberapa kelas virtual yang rutin diselenggarakan oleh Pemimpin.id.

Baca Juga: Yuk cari tambahan uang belanja selama Covid-19 dengan 3 pekerjaan sampingan ini

Selain menjadi relawan, Lead the Fest juga memberikan kesempatan bagi para organisasi untuk ikut berkontribusi menjadi kolaborator. Mulai dari pengelolaan kegiatan pelaksanaan, penentuan pembicara hingga publikasi. "Saat ini kami sudah menghimpun berbagai kolaborator dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua," ungkap Aditya.

Para kolaborator tersebut nantinya akan terlibat dalam puncak rangkaian kegiatan Lead the Fest 2020 yakni penyelenggaraan 21 webinar selama 7 hari berturut-turut. Webinar ini akan diadakan pada 10 -17 Agustus 2020 dengan topik bahasan pentingnya literasi dalam kualitas kepemimpinan.

Teman muda yang tertarik untuk bergabung menjadi relawan penerjemah sila mendaftar di tautan berikut https://bit.ly/BookSummaryTranslator atau kunjungi instagram @pemimpin.indonesia untuk informasi lebih lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru