Yuk cari tambahan uang belanja selama Covid-19 dengan 3 pekerjaan sampingan ini

Senin, 06 Juli 2020 | 16:43 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Yuk cari tambahan uang belanja selama Covid-19 dengan 3 pekerjaan sampingan ini

ILUSTRASI. Ilustrasi Yuk cari tambahan uang belanja selama Covid-19 dengan 3 pekerjaan sampingan ini


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Mencari pekerjaan sampingan selama Covid-19, menjadi salah satu cara agar dapur tetap mengepul. Di tengah pandemi yang terus berlangsung, belahan ekonomi masyarakat melemah. Banyak pekerja yang mengeluh penghasilannya berkurang, imbas dari pandemi Corona. 

Tidak sedikit para ibu rumah tangga yang harus mengencangkan sabuk dan memutar otak agar uang belanja cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Tetapi, ada beberapa kebutuhan yang tidak bisa dipotong seperti susu bayi yang harus selalu ada. 

Baca juga: Inilah negara-negara yang muak dan siap perang dengan China 

Untuk membantu meringankan beban suami Anda, manfaatkan waktu luang Anda di rumah untuk menghasilkan tambahan uang. Anda tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan pekerjaan sampingan, Anda bisa mencoba satu dari 3 opsi pekerjaan sampingan di bawah ini.

  • Dropshipper barang

Mencari pekerjaan sampingan tidak harus keluar rumah. Ada beragam pekerjaan yang bisa Anda lakukan di rumah, salah satunya menjadi dropshipper barang. Tidak butuh modal yang terlalu banyak, menjadi dropshipper banyak diincar oleh masyarakat yang ingin berjualan, namun terhalang modal. 

Dengan metode ini, Anda tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu. Anda bisa bermitra dengan toko yang menyediakan layanan dropshipping, lalu memasarkan produk toko tersebut tanpa harus membeli barang dahulu. Dropshipping terbilang cukup aman, karena Anda tidak perlu menyiapkan uang cukup banyak untuk menyediakan barang, dan tidak perlu cemas jika barang tidak laku terjual.  

  • Penulis dan penerjemah lepas

Jika Anda memiliki minat dalam bidang penulisan, ada banyak perusahaan yang membuka freelance penulis untuk mengisi website mereka. Jeli lah mencari perusahaan yang mencari penulis lepas dan bisa dikerjakan di rumah, karena tidak semua perusahaan membuka lowongan untuk remote. Dengan modal laptop dan bakat menulis Anda, uang akan dengan sendirinya mengalir ke dompet Anda. 

Selain penulis, pekerjaan sampingan yang hanya bermodalkan laptop adalah penerjemah. Manfaatkan kemampuan berbahasa asing Anda untuk menghasilkan pundi-pundi tambahan. Tidak harus berupa penerjemahan baku seperti makalah atau berita, banyak perusahaan penerbitan yang mencari penerjemah untuk novel dan komik. 

  • Bisnis makanan jadi

Pekerjaan sampingan yang paling sering dilakukan dan diminati ibu rumah tangga adalah kuliner. Tidak jarang para ibu-ibu membuat kreasi masakan yang unik dan beragam untuk menarik pelanggan. Dengan rasa, kemasan, dan pemasaran yang menarik, bisnis ini cukup menjanjikan keuntungan. Manfaatkan sosial media seperti Facebook dan Instagram untuk mempromosikan bisnis kuliner Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru