Mahasiswa, ini 5 cara meningkatkan IPK meski sedang kuliah online

Senin, 16 November 2020 | 15:33 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mahasiswa, ini 5 cara meningkatkan IPK meski sedang kuliah online

ILUSTRASI. Mahasiswa, ini 5 cara meningkatkan IPK meski sedang kuliah online.


PERGURUAN TINGGI -  Pembelajaran online menjadi alternatif yang diambil selama pandemi Covid-19. Tidak hanya siswa sekolah, mahasiswa juga melakukan perkuliahan secara online. 

Baik tatap muka atau online, mahasiswa diharapkan tetap aktif selama perkuliahan. terlebih jika Anda menginginkan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi. 

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud, memberikan tips cara meningkatkan nilai IPK. Tips tersebut dibagikan melalui unggahan di Instagram resmi Ditjen Dikti (14/11/2020). 

Bagaimana caranya? Berikut tips meningkatkan nilai IPK dari Ditjen Dikti yang bisa dicoba mahasiswa. 

  • Tidak titip absen

Jangan melakukan atau mencoba titip absen (tipsen). Rajin mengikuti perkuliahan jadi salah satu cara meningkatkan IPK. 

Jika sering tipsen, Anda jadi ketinggalan materi yang diberikan dosen. Resiko tipsen juga bisa membuat reputasi Anda di mata dosen buruk terlebih jika ketahuan. Selain Anda bisa mendapat nilai jelek, kepercayaan dosen pada Anda bisa menurun. 

Baca Juga: Arab Saudi menghentikan sementara proses visa umrah untuk jamaah Indonesia

  • Menyiapkan perlengkapan yang memadai

Agar pembelajaran daring Anda bisa berjalan dengan baik, tentu perlengkapan harus disiapkan. Perlengkapan selama pembelajaran online diantaranya jaringan, aplikasi dan perangkat yang memadai. 

Pastikan jaringan hingga perangkat dalam kondisi baik di saat kuliah online berlangsung. Pilih tempat atau lokasi belajar yang tidak bising agar Anda bisa fokus mengikuti perkuliahan. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru