Masuk semifinal Liga Champions, Atalanta raup € 50 juta

Kamis, 12 Maret 2020 | 10:52 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
Masuk semifinal Liga Champions, Atalanta raup € 50 juta

ILUSTRASI. Ilustrasi Liga Champions


LIGA CHAMPIONS - JAKARTA. Atalanta untung besar secara finansial setelah lolos ke perempat final Liga Champions musim 2019/2020.

Atalanta, yang menjadi tim debutan di Liga Champions musim ini, sukses melenggang ke perempat final berkat unggul agregat 8-4 atas Valencia pada babak 16 besar.

Setelah menang 4-1 pada pertemuan perdana, Atalanta kembali menunjukkan keperkasaannya atas Valencia pada leg kedua dengan kemenangan tipis 4-3 di Stadion Mestalla, Selasa (10/3).

Berkat lolos ke babak selanjutnya, La Dea, julukan Atalanta pun meraup keuntungan finansial yang cukup signifikan.

Dilansir BolaSport.com dari Football Italia, situs finansial Calcio de Finanza menghitung jumlah pendapatan dari Atalanta yang diterima UEFA dari hasil pertandingan di Liga Champions musim ini mencapai lebih dari € 50 juta atau setara Rp 811 miliar.

Baca Juga: Empat laga Seri A Italia batal gara-gara corona, bagaimana dengan Liga Inggris?

Total nilai tersebut berasal dari hak siar hingga bonus pada tiap pertandingan. 

Untuk hak siar televisi, Atalanta mendapatkan € 5 juta yang didasari oleh perjanjian komisi yang dibuat oleh UEFA dengan penyiar di Italia, dalam hal ini Sky Sports Italia.

La Dea lalu diganjar € 15 juta setelah pencapaiannya masuk ke babak grup. Atalanta juga diberi tambahan bonus senilai € 3,3 juta berkat penilaian tersendiri oleh UEFA.

Berlanjut ke fase grup, Atalanta mampu meraup € 6,3 juta sebagai tambahan bonus nya dengan rincian € 2,7 juta untuk setiap kemenangan dan hasil imbang senilai € 900.000.

Di babak fase grup, pasukan Gian Piero Gasperini mampu meraih dua kemenangan dan satu kali hasil imbang. Selanjutnya, Atalanta menerima € 9,5 juta berkat lolos ke babak 16 besar.

Sementara itu, kemenangan atas Valencia juga membuat Atalanta meraup tambahan dana senilai € 10,5 juta dan tambahan bonus yang telah terdistribusikan senilai € 500.000.

Jika ditotal secara keseluruhan, maka Atalanta telah mengumpulkan nominal sebesar € 50,4 juta.

Baca Juga: Liverpool gagal balas dendam lawan Atletico Madrid, The Reds keok di kandang sendiri

Calcio de Finanza pun memperkirakan jumlah pundi-pundi pendapatan La Dea bakal bertambah dengan adanya komisi dari pihak siaran televisi lain.

Atalanta diperkirakan bakal mendapatkan minimal € 6 juta - € 9 juta, bergantung pada kesuksesan Juventus dan Napoli di Liga Italia.

Nilai nominal yang telah disebutkan tidak termasuk dari penghasilan tiket penonton di Liga Champions.

Empat pertandingan kandang Atalanta melawan Shakhtar Donetsk, Manchester City, Dinamo Zagreb dan Valencia telah menghasilkan € 6,8 juta di saat pertandingan. (Bonifasius Anggit Putra Pratama)

Artikel ini telah tayang di BolaSport.com dengan judul "Lolos Perempat Final Liga Champions, Atalanta Panen Lebih dari Rp 811 Miliar".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru