Melihat Peran Manusia dalam Marketing Komunikasi di Era Society 5.0

Minggu, 12 Juni 2022 | 14:37 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Melihat Peran Manusia dalam Marketing Komunikasi di Era Society 5.0

ILUSTRASI. Adopsi Teknologi AI dan Robotik Dorong Pertumbuhan Interaksi Digital Infomedia. Melihat Peran Manusia dalam Marketing Komunikasi di Era Society 5.0.


EDUKASI -  JAKARTA. Teknologi menjadi pusat kehidupan masyarakat, ketergantungan pada internet dan komunikasi digital semakin meningkat. Peran manusia dalam industri saat ini dipermudah dengan hadirnya teknologi. 

Konsep Society 5.0 yang baru-baru ini diluncurkan menjadikan teknologi sebagai basisnya. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah merambah ke berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali dalam bidang komunikasi pemasaran baik yang konvensional maupun digital. 

Guru Besar FIKOM Universitas Padjadjaran, Deddy Mulyana, mengatakan, Pemasaran di Era Society 5.0 adalah pemasaran yang etis. 

"Maka dari itu konsumen harus diberikan keleluasaan untuk berkomunikasi, menentukan dan memilih produk atau jasa, memberikan responS serta memilih saluran komunikasi," ujarnya dalam keterangannya, Minggu (12/6).

Baca Juga: Bertanggungjawab Penuhi Kebutuhan Pangan, Kementan Perkuat Peran Humas

Ia juga menekankan bahwa seorang pemasar di era society 5.0 harus memiliki empati antarbudaya, minat untuk mempelajari budaya baru dan cakap dalam menggunakan teknologi.

Hal ini juga didukung oleh Board of Director International Geothermal Association, Surya Darma, Ph.D, Dipl. Geo. Tech mengenai pentingnya marketing komunikasi.

“Dari konteks tersebut, akan membangun brand image atau brand awareness yang nantinya akan mengubah citra perusahaan serta produk dan layanan jasanya,” ucapnya.

Menurut CEO Nexus Risk Mitigation and Strategic Communication, Firsan Nova bahwa marketing berasal dari kata market, dimana ilmu dasarnya berasal dari pasar. Ia juga mengatakan seorang public relations penting untuk selalu memonitor publik atau pasarnya.

Baca Juga: Kementerian BUMN akan integrasikan Pelindo I, II, III, dan IV

“Penting bagi perusahaan untuk selalu memonitor marketnya, jika tidak maka akan celaka. Begitu pun dengan seorang public relations. Kata public dalam public relations itu dapat dimaknai sebagai pentingnya seorang public relations untuk memahami, intim, dan memonitor publik,” tuturnya.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru