​Memahami Makna Hari Raya Nyepi dan Cara Umat Hindu Merayakan Nyepi

Rabu, 02 Maret 2022 | 14:57 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Memahami Makna Hari Raya Nyepi dan Cara Umat Hindu Merayakan Nyepi

ILUSTRASI. Ilustrasi makna Hari Raya Nyepi dan cara masyarakat Hindu merayakan Nyepi.


AGAMA DAN KEPERCAYAAN -Jakarta. Hari Raya Nyepi 2022 jatuh pada Kamis, 3 Maret 2022. Cara masyarakat Hindu merayakan Nyepi biasanya dengan melakukan instropeksi diri dengan menyepi selama 24 jam. 

Dikutip dari Kompas.com (28/2/2022), makna Hari Raya Nyepi diungkapkan oleh Guru Besar Pariwisata Universitas Udayana I Gede Pitana, sebagai perayaan Tahun Baru Saka yang berdasarkan perhitungan kalender Hindu.

Ada empat pantangan saat Nyepi, yaitu amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak melakukan kegiatan hiburan). 

Baca Juga: Kumpulan 16 Link Twibbon Hari Raya Nyepi 2022 dan Cara Membagikannya di Sosial Media

“Sebenarnya semua itu bermakna saatnya kita untuk mencari diri ke dalam, tidak keluar, dan mengendalikan api-api yang ada dalam diri, seperti api kemarahan, api dengki, dan sebagainya, itu makna yang sesungguhnya dari Nyepi,” jelas I Gede Pitana mengenai makna Hari Raya Nyepi. 

Sementara, dikutip dari laman resmi Indonesia Baik, perayaan Hari Raya Nyepi didasarkan pada penanggalan atau kalender Saka. 

Tahun Baru Saka memiliki makna sebagai hari kebangkitan, hari pembaharuan, hari kebersamaan (persatuan dan kesatuan), hari toleransi, hari kedamaian sekaligus hari kerukunan nasional.

Baca Juga: ​Kumpulan Ucapan Hari Raya Nyepi 2022 dalam Bahasa Bali dan Indonesia

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru