Mengenal struktur anatomi organ hati manusia serta fungsinya

Kamis, 28 Oktober 2021 | 14:38 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal struktur anatomi organ hati manusia serta fungsinya

ILUSTRASI. Mengenal struktur anatomi organ hati manusia serta fungsinya.

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Hati merupakan salah satu organ dalam yang memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh makhluk hidup khususnya manusia 

Organ ini merupakan salah satu organ terbesar yang dimiliki manusia setelah kulit. Hati manusia memiliki warna merah merah kecoklatan dan berbentuk menyerupai segitiga. 

Melansir dari www.webmd.com, hati manusia memiliki bobot yang cukup berat yaitu sekitar 1,4 hingga 1,6 Kilogram. Letak organ ini ada di bagian kanan perut di bawah diafragma.

Hati juga biasa disebut sebagai liver. Jadi jika ada orang yang mengatakan tentang penyakit liver artinya dia merujuk pada penyakit yang menyerang organ hati.

Karena masuk dalam organ dalam yang penting, hati dilindungi oleh tulang rusuk. Jika hati terganggu seperti terkena virus atau robek karena benturan keras, organ ini tidak bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Isi teks Sumpah Pemuda yang dirayakan pada 28 Oktober 2021 dan sejarah singkatnya

Fungsi hati manusia

Hati manusia memiliki banyak fungsi penting. Mengutip dari www.medicalnewstoday.com, fungsi utama dari hati adalah memproses metabolisme tubuh. 

Namun selain untuk menjaga metabolisme, ada beragam fungsi hati manusia yang diantaranya:

  • Memecah hemoglobin dan mengubahnya menjadi bilirubin. Hemboglobin tersebut terdapat pada sel darah merah yang sudah tua yang kemudian dihancurkan dalam organ hati.
  • Memecah lemak agar mudah diserap oleh tubuh.
  • Memproduksi cairan empedu. Cairan ini membantu usus halus menyerap dan memecah lemak, kolesterol, dan beberapa vitamin. 
  • Menyimpan vitamin dan mineral. Vitamin yang disimpan dalam hati diantaranya vitamin A, D, E, K, dan B12. Asam folat juga disimpan dalam hati.
  • Organ hati juga membantu tubuh dalam menyaring darah. Darah mengangkut banyak sekali zat mulai dari nutrisi oksigen hingga racun dan zat berbahaya lainnya. Zat-zat berbahaya yang ada di obat dan alkohol disaring dalam organ ini. 
  • Hati manusia juga merupakan tempat penyimpanan dari karbohidrat. Zat ini kemudian dipecah menjadi glukosa.

Baca Juga: 6 Kampus ini punya jurusan kedokteran dan kesehatan terbaik di Indonesia, UI jawara

Struktur dan bagian hati manusia

Selain menyerupai segitiga, bersumber dari www.healthline.com,  ada beberapa yang menganggap hati berbentuk menyerupai bulan sabit. Ada juga yang mengatakan hati manusia berbentuk seperti gambar "love". 

Hati memiliki struktur seperti karet yang elastis. Selain menjadi organ terbesar kedua, hati juga termasuk organ terberat yang ada di dalam tubuh kita. 

Hati manusia terbagi menjadi dua bagian atau lobus: Lobus kanan dan lobus kiri. Lobus kanan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan lobus kiri. Dua bagian ini terpisah dengan fissura. 

Berbeda dengan organ lainnya, hati mendapatkan suplai darah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan organ penting lainnya. Ada sekitar 13 persen darah mengalir ke hati. Darah tersebut mengalir dari vena portal dan arteri hepatik. 

Salah satu fakta unik dari organ ini adalah hati merupakan satu-satunya organ viseral (organ berongga) yang bisa regenerasi. 

Hati bisa tumbuh dan regenerasi selama ada setidaknya 25 persen jaringan hati yang masih sehat. Setidaknya 1/3 bagian hati, setelah sebagian diambil, bisa tumbuh dalam kurun waktu 8-15 hari. 

Karena fakta inilah orang yang sehat bisa mendonorkan sebagian hatinya kepada orang lain yang membutuhkan donor karena organ hati miliknya sudah tidak berfungsi dengan baik karena penyakit atau kecelakaan.

Untuk menjadi pendonor seseorang perlu melakukan serangkaian pemeriksaan agar sel hati pendonor dengan penerima cocok dan tidak terjadi penolakan.

Selanjutnya: Lowongan kerja terbaru di BNI Sekuritas buat lulusan S1 dan S2, ini syarat daftarnya

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru