Mulai September 2021, Anda akan kesulitan login akun Google di Android 2.3.7 ke bawah

Senin, 02 Agustus 2021 | 11:29 WIB Sumber: 9To5Google
Mulai September 2021, Anda akan kesulitan login akun Google di Android 2.3.7 ke bawah

ILUSTRASI. Mulai September 2021, Anda akan kesulitan login akun Google di Android 2.3.7 ke bawah


ANDROID - Mulai September 2021, Anda akan kesulitan login akun Google di perangkat Android (termasuk smartphone dan tablet) versi 3.2.7 atau di bawahnya. Dengan demikian, Anda tidak bisa mengakses Gmail, YouTube dan beberapa aplikasi Android yang membutuhkan akun Google.

Kabar kurang mengenakan datang dari Google yang sebentar lagi menutup akses login akun Google di Android versi jadul. Mengutip dari 9to5Google, Google berencana untuk menghentikan dukungan sign-in akun Google di Android versi jadul.

Hal ini berdampak bagi pengguna Android yang masih berjalan di versi 3.2.7, 2.3 (Gingerbread), 2.2 (Froyo), 2.2 (Eclair), 1.6 (Donut), 1.5 (Cupcake), dan 1.0, 1.1 (tidak memiliki nama).

Bagi pengguna yang masih menggunakan HP Android dengan versi Android tersebut, mulai bulan September 2021 tidak bisa sign-in atau login ke aplikasi, seperti Gmail, Drive, Google Search, YouTube dan lain sebagainya. Namun, apabila Anda login akun Google lewat browser (misalnya Google Chrome) di Android, Anda bisa login dengan lancar tanpa terkendala.

Baca Juga: Kode redeem FF terbaru Agustus 2021, klaim & dapatkan hadiah gratis sekarang juga!

ILUSTRASI: Google Android maskot

Menurut Google, langkah yang dilakukan dengan menghentikan dukungan sign-in di Android versi jadul demi membantu melindungi keamanan akun penggunanya. 

Kedepannya, Google menyarankan penggunanya untuk menggunakan HP atau perangkat Android lainnya yang berjalan di versi 3.0 atau lebih tinggi. Apabila perangkat Android yang Anda gunakan masih belum mendapatkan update Android versi 3.0, Anda akan menemukan kesulitan masuk ke Google Maps.

Apakah ini pertanda saatnya Anda upgrade HP Android baru? Anda bisa cek versi Android di HP yang Anda gunakan lewat pengaturan. 

Apabila berjalan di Android versi 3.0 ke atas, Anda tidak perlu upgrade atau beli HP baru. Sebaliknya, apabila HP yang Anda gunakan ternyata berjalan di Android versi dibawahnya, kemungkinan akan menemukan kendala sulit masuk ke aplikasi-aplikasi Google.

Saat ini Android versi terbaru telah berjalan di Android 12 yang menggunakan codename Red Velvet Cake. Bahkan, belum lama ini, Android 13 juga telah diumumkan codename terbarunya, yang diketahui mengusung nama Tiramisu. 

Selanjutnya: Telegram update besar-besaran, kini video call group bisa ditonton 1000 member

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru