Pahami Cara Merawat Sepeda Motor Listrik saat Musim Hujan, Apa Saja?

Selasa, 28 November 2023 | 13:03 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Pahami Cara Merawat Sepeda Motor Listrik saat Musim Hujan, Apa Saja?

ILUSTRASI. Pahami Cara Merawat Sepeda Motor Listrik saat Musim Hujan. KONTAN/Carolus Agus Waluyo/30/01/2023.


Cara Merawat Sepeda Motor Listrik - JAKARTA. Simak langkah dan cara merawat sepeda motor listrik saat musim hujan. Kondisi musim penghujan tentu membawa beberapa perubahan aktivitas termasuk memilih moda transportasi.

Meskipun motor listrik memiliki beberapa keunggulan dalam hal perawatan dibandingkan dengan motor bermesin pembakaran dalam, namun tetap diperlukan perhatian ekstra saat musim hujan.

Sama seperti motor bensin, molis juga memiliki komponen yang sensitif terhadap perubahan seperti karat.

Tentunya, Anda perlu memperhatikan perawatan motor listrik yang bisa lakukan setelah menerjang hujan.

Baca Juga: Catat Harga Motor Listrik Subsidi di Bawah Rp 10 Juta, Dapat Varian Mirip Vespa

Target konversi kendaraan listrik 2030

Tak hanya itu, Anda perlu mengetahui beberapa alasan mengapa perawatan motor listrik diperlukan.

Alasan pentingnya perawatan sepeda motor listrik

Beberapa alasan mengapa perawatan diperlukan pada motor listrik saat musim hujan antara lain:

  • Perlindungan Terhadap Air dan Kelembaban: Motor listrik memiliki banyak komponen elektronik yang rentan terhadap air dan kelembaban. Hujan dapat menyebabkan masuknya air ke dalam bagian yang rentan, mengakibatkan kerusakan pada komponen tersebut. Oleh karena itu, perawatan perlu dilakukan untuk memastikan semua bagian terlindungi dengan baik.
  • Periksa Sistem Pengisian Daya: Musim hujan sering kali disertai dengan cuaca yang kurang bersahabat, seperti petir dan kilat. Ini dapat memengaruhi sistem pengisian daya motor listrik, seperti pengisi daya baterai. Periksa kondisi seluruh sistem pengisian daya untuk memastikan bahwa motor listrik tetap berfungsi dengan baik.
  • Pemeriksaan Sistem Pelumasan: Sistem pelumasan pada motor listrik perlu diperiksa secara rutin, terutama saat musim hujan. Kelembaban yang tinggi dapat mempengaruhi pelumasan dan menyebabkan gesekan yang berlebihan, sehingga perlu memastikan bahwa pelumasan berfungsi dengan baik untuk mencegah kerusakan pada komponen internal.
  • Pemeriksaan Sistem Rem: Kelembaban dan air dapat memengaruhi kinerja rem pada motor listrik. Perawatan melibatkan pemeriksaan sistem rem, termasuk cakram dan kampas rem, untuk memastikan bahwa mereka berfungsi dengan optimal dan dapat memberikan pengereman yang efektif.
  • Pencegahan Karat dan Korosi: Kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan karat dan korosi pada beberapa bagian motor listrik, terutama bagian logam. Oleh karena itu, melibatkan perlindungan tambahan seperti pelapisan atau pelumas anti-karat pada bagian-bagian yang rentan dapat membantu mencegah kerusakan akibat kondisi cuaca yang ekstrem.

Setelah mengetahui pentingnya perawatan motor, pastikan untuk mengikuti langkah untuk merawat motor listrik dari rumah.

Apa saja perawatan motor listrik saat musim hujan?

Anda perlu memahami panduan berikut untuk mencegah terjadinya kerusakan pada mesin dan komponen lain Langkah berikut ini dirangkum dari laman Komaki India.

1. Pemakaian Fender

Fender tambahan bisa mencegah body sepeda listrik Anda kotor oleh lumpur. Meskipun ini bukan solusi pasti untuk mencegah kerusakan, hal ini mengurangi kemungkinan karat pada bodi dengan menghindari kotoran menempel pada sepeda listrik.

Pastikan Anda bisa menambahkan fender sebagai aksesoris penting pencegahan korosi bagian dalam motor listrik.

2. Perawatan Baterai

Anda perlu menghindari mengisi daya baterai saat listrik berfluktuasi karena guntur atau hujan lebat. Hal ini dapat merusak baterai secara permanen. Meskipun baterai tersegel dengan aman di dalam badan sepeda listrik, penting untuk tidak melewati genangan air dan lubang yang berisi air.

3. Cek bagian pengereman

Anda bisa mencoba untuk melihat kekuatan pengereman masih normal atau tidak. Pastikan untuk mengganti kampas rem yang bisa lebih cepat habis saat musim hujan. 

Selain itu, perawatan sistem rem, termasuk cakram dan kampas rem, untuk memastikan bahwa berfungsi dengan optimal.

4. Cuci Sepeda Listrik secara rutin

Meskipun membawa sepeda listrik saat hujan adalah hal yang wajar, penting untuk membersihkan tubuh dalam keadaan kering setelahnya. Membiarkan air hujan dan lumpur pada sepeda tanpa pengawasan dapat menyebabkan karat.

Penting untuk mencuci sepeda listrik Anda satu kali dan kemudian membersihkannya dengan benar untuk menghindari kerusakan pada bodi atau baterainya.

Walaupun sepeda listrik efisien untuk berkendara di segala cuaca, sebaiknya hindari mengendarai sepeda listrik saat hujan deras. Bukan hanya baterai saja yang berisiko, tapi juga bisa berdampak buruk bagi bodi sepeda.

Jangan mengemudi dengan kecepatan tinggi; usahakan menjaga jarak dengan kendaraan lain untuk menghindari percikan air pada sepeda listrik anda.

Sepeda yang berbeda memiliki standar kedap air dan meneliti dengan baik kondisi cuaca di daerah Anda sebelum memutuskan sepeda listrik mana yang akan dibeli.

Dengan melakukan perawatan yang tepat pada motor listrik selama musim hujan, pemilik dapat memastikan bahwa kendaraan tetap berfungsi optimal dan mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh cuaca buruk.

Itulah beberapa langkah untuk merawat motor listirk saat musim hujan sekaligus menjaga kesehatan baterai dan komponen lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru