Paling suka mini nan mini

Senin, 25 April 2016 | 11:56 WIB   Reporter: Marantina
Paling suka mini nan mini


Mobil-mobilan bukan monopoli anak kecil. Belakangan makin banyak orang dewasa juga keranjingan mengoleksi mobil miniatur berbahan metal (diecast) termasuk Timotius J. Paulus.

Agar berbeda, Vice President PT Chitose Internasional Tbk hanya mengumpulkan replika mobil penumpang terutama yang mengaspal di jalan-jalan Indonesia. Pria yang berulang tahun setiap 14 Januari ini juga cuma mengoleksi diecast keluaran Tomica.

Sudah dua tahun terakhir ia mengumpulkan mobil miniatur hingga mencapai 90 buah. Koleksi terbarunya yang dia beli dua bulan terakhir adalah Nissan Juke dan Porsche 911 Carerra. “Desain Tomica sangat detail, mirip mobil yang asli,” kata Timotius.

Meski harganya enggak mahal-mahal amat, bekisar Rp 40.000–Rp 60.000 per biji, Timotius tak terlalu ngoyo berburu. Namun, ketika bepergian ke luar negeri, ia tak lupa mencari Tomica.

Dari puluhan koleksi diecast-nya, ada dua model yang paling Timotius suka: Volkswagen Beetle dan Mini Cooper. “Paling menarik. Unik dan sama dengan aslinya,” ujarnya.

Tak sekadar koleksi, Timotius berniat menjual diecast-nya kelak. Maklum, jika sudah langka di pasaran, harganya bisa melonjak 10 kali lipat. Makanya, kemasan diecast dia simpan. “Kalau dijual kembali harus lengkap dengan kemasan soalnya,” ungkap Timotius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru