Gadget

Sempat gangguan, kini layanan G Suite, termasuk Google Meet sudah kembali normal

Jumat, 25 September 2020 | 11:00 WIB   Reporter: Arif Budianto
Sempat gangguan, kini layanan G Suite, termasuk Google Meet sudah kembali normal

ILUSTRASI. Sempat gangguan, kini layanan G Suite, termasuk Google Meet sudah kembali normal

KONTAN.CO.ID - Google Meet dan Google Classroom baru saja mengalami gangguan. Beberapa penggunanya sulit mengaksesnya bahkan adik-adik yang sedang PJJ juga harus terganggu.

Setidaknya pukul 08:30 WIB, layanan Google seperti Google Meet dan Google Classroom mengalami gangguan. Hal tersebut juga berimbas terhadap beberapa layanan Google lainnya, seperti Gmail, Google Chat hingga Google Calender.

Di Twitter sendiri cukup ramai diperbinckangkan netizen yang mengalami gangguan ini. 

Mulai dari yang menganggap dikira tidak ada rapat  hari ini, mengingat Google Meet-nya tidak masuk-masuk.

Ganngguan pada Google Meet menunjukan pesan error "502". Seperti yang ditunjukkan pada cuitan netizen yang ingin mengikuti kelas di bawah ini.

Pemilik akun Twitter @aso3anshul hari ini tidak bisa bergabung di kelasnya. Begitu pula dengan teman dan guru di sekolahnya. Menurutnya masalah utamanya bersumber dari server Google Meet.

Baca Juga: Bulan depan, penggunaan Google Meet gratis hanya bisa 1 jam per hari

Setelah ditelusuri lebih lanjut, kami mencoba mengecek ke situs G Sutie Status Dashboard. Situs ini dibuat khusus oleh Google untuk mengecek apakah ada permasalahan dari layanan G Suite milikinya.

Dan ternyata benar, menurut pihaknya, tepat pukul 08.30 WIB beberapa layanan Google tumbang, termasuk Google Meet. Menurut Google memang ada pesan error yang muncul saat gangguan menimpa beberapa penggunanya.

Status Google Meet

Namun demikian, dengan sigap pihak Google segera memperbaikinya. Tepat pukul 09:07 WIB beberapa layanan G Suite sudah kembali pulih. Termasuk Google Meet, Gmail dan lain sebagainya.

Tumbangnya layanan Google ini bukanlah pertama kalinya. Beberapa waktu lalu Google Drive dan Gmail juga sempat down di beberapa wilayah. Menyebabkan penggunanya sulit mengirim email dan mengaksesnya.

Silahkan cek kembali ya teman-teman apakah layanan Google Meet dan Classroom sudah kembali normal atau belum. Seharusnya sudah, mengingat laporan dari Google menunjukkan statusnya sudah diperbaiki.

Selanjutnya: Tips Google Meet, mengubah background menjadi blur

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru