Setelah 4 tahun rilis, akhirnya Nintendo Switch dapat dukungan Bluetooth audio

Rabu, 15 September 2021 | 11:42 WIB   Penulis: Arif Budianto
Setelah 4 tahun rilis, akhirnya Nintendo Switch dapat dukungan Bluetooth audio

ILUSTRASI. Setelah 4 tahun rilis, akhirnya Nintendo Switch dapat dukungan Bluetooth audio

KONTAN.CO.ID - Setelah 4 tahun rilis, akhirnya Nintendo Switch dapat dukungan Bluetooth audio lewat update software terbarunya. Pengguna Nintendo Switch sekarang bisa menggunakan headset atau earphone tanpa kabel yang terhubung dengan Bluetooth.

Nintendo Switch, berbicara soal konsol video game yang satu ini mungkin sudah tertinggal dengan beberapa konsol lainnya yang telah memasuk next-gen. Sebut saja Sony dengan PS5, dan Microsoft dengan Xbox Series X|S, sementara Nintendo masih berkutat dengan Switch dan rencana kedepannya leawt versi upgrade dengan layar OLED-nya.

Terlepas dari semua itu, akhirnya Nintendo merilis sebuah update software untuk para pemilik Switch yang menambahkan dukungan Bluetooth audio.

Ya, setelah sekian lama konsol video game yang dibekali koneksi Bluetooth ini akhirnya mendapatkan dukungan Blueetoth audio. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan headset atau earphone wireless kesayangan Anda dengan Nintendo Switch ini.

Terhitung sejak tahun 2017 lalu, pertama kali Nintendo Switch rilis, konsol tersebut menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan kontrolernya. Kontroler unik yang bisa dilepas bernama JoyCon ini bisa dihubungkan dengan Blueetoth apabila Anda menggunakannya dalam mode docking.

Baca Juga: Mau main game Battlefield Mobile, ini versi Android minimal yang Anda butuhkan

ILUSTRASI: Nintendo Switch

Sayangnya, dukungan Bluetooth audio di Nintendo Switch ini tidak bisa digunakan untuk input. Artinya, Anda tidak bisa menggunakan microphone yang terdapat di headset wireless yang digunakan.

Update software terbaru di Nintendo Switch ini juga dapat menyimpan maksimal 10 Bluetooth audio yang telah di-pair atau dipasngkan dengan perangkat tersebut. 

Dalam beberapa kondisi, pengguna juga kemungkinan akan mendapatkan delay suara sesuai dengan masing-masing Bluetooth audio yang digunakan.

 

Nah, apabila Anda ingin menghubungkan headset wireless dengan Nintendo Switch pastikan telah melakukan update software terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menuju ke menu System Settings > Bluetooth Audio.

Langkah selanjutnya yakni tinggal pair headset bluetooth Anda dengan Nintendo Switch.

Selamat mencoba!

Selanjutnya: Sambut Project NEXT selanjutnya, Mobile Legends pamerkan teaser sinematik memukau

Editor: Arif Budianto
Terbaru