Studi Microsoft: Warganet remaja lebih sopan daripada dewasa

Sabtu, 27 Februari 2021 | 06:05 WIB Sumber: Kompas.com
Studi Microsoft: Warganet remaja lebih sopan daripada dewasa


INDUSTRI INTERNET - JAKARTA. Perilaku sopan ternyata tak selalu menjadi lebih matang seiring bertambahnya usia. Setidaknya ini salah satu pesan yang kita dapatkan dari hasil studi tahunan Microsoft, Civility, Safety, and Interactions Online 2020, yang dirilis bersama dengan temuan dari Digital Civility Index (DCI) 2020.

Survei yang sudah memasuki tahun kelima tersebut mengamati sekitar 16.000 responden di 32 wilayah, yang diselesaikan selama kurun waktu bulan April hingga Mei 2020. Survei tersebut mencakup responden dewasa dan remaja tentang interaksi online mereka dan pengalaman mereka menghadapi risiko online.

Riset tahun ini mencakup sembilan wilayah Asia-Pasifik (APAC), yaitu Australia, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Regional Digital Safety Lead, Asia-Pasifik, Microsoft, Liz Thomas mengatakan, keadaban digital sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong interaksi online yang positif.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, lebih banyak masyarakat yang mengakses internet. "Melalui peringatan Safer Internet Day ini, kami diingatkan bahwa pemerintah, organisasi, dan individu memiliki peran dalam membantu menjadikan internet tempat yang lebih baik untuk bekerja dan bermain," ungkapnya, seperti dikutip dari situs resmi Microsoft.

Baca Juga: Tingkat kesopanan orang Indonesia di internet paling buruk se-Asia Tenggara

Studi tersebut menemukan bahwa remaja usia 13 hingga 16 tahun memiliki skor DCI atau keadaban online yang lebih tinggi dibandingkan dewasa. Pada ukuran global, kelompok remaja mendapatkan skor 63, sementara dewasa 72. Untuk diketahui, semakin tinggi skor DCI, maka semakin buruk tingkat kesopanannya.

Peneliti menemukan temuan serupa di Singapura, di mana skor DCI remaja dan dewasa secara berturut-turut adalah 50 dan 68. Sementara di Taiwan, skornya 55 untuk remaja dan 67 untuk dewasa. Menurut Liz, studi menunjukkan tidak ada penurunan skor DCI untuk remaja.

Sebaliknya, tren penurunan terlihat pada kelompok dewasa. "Terdapat penurunan 16 poin di antara orang dewasa di Indonesia, sementara di Malaysia skor "orang dewasa" turun tiga kali lebih banyak daripada remaja," ungkapnya.

Baca Juga: Nonton Netflix Sepuasnya Tanpa Takut Kehabisan Kuota, Ini 3 Tipsnya

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru