Sudahkah Anda Mengenal Aplikasi SymbolicID, Medsos Asli Indonesia?

Rabu, 14 Juli 2021 | 15:45 WIB Sumber: SymbolicID
Sudahkah Anda Mengenal Aplikasi SymbolicID, Medsos Asli Indonesia?


MEDIA SOSIAL - SymbolicID menjadi salah satu platform media sosial asli Indonesia yang mencoba mendobrak tren. Di saat anak muda sedang menggandrungi konten hedon dan vulgar, SymbolicID menawarkan media sosial berbasis literasi. 

Apa itu SymbolicID?

SymbolicID dikembangkan di bawah naungan PT. Simbolik Impera Dunia yang berlokasi di Yogyakarta. Berdasarkan keterangan di Google Play, aplikasi Symbolic dirilis sejak 24 Maret 2020. Sementara itu, berdasarkan timeline di laman resminya, inisiasi telah dilakukan SymbolicID sejak Agustus 2019.

Ada dua hal yang SymbolicID kedepankan, yaitu apa yang mereka sebut dengan kalpataru dan insignia social. Dalam tujuan kalpataru, SymbolicID ingin teknologi digunakan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan personal dan komunal. Sementara maksud insgnia social adalah tujuan menumbuhkan pengetahuan kolektif yang bermanfaat.

Baca Juga: Harga dan Fitur Nintendo Switch OLED Model

Tampilan dan Fitur SymbolicID

Aplikasi SymbolicID versi beta sudah dapat diunduh gratis di Google Play. Bobot pengunduhan tidak terlalu besar dan proses pendaftarannya pun cukup mudah. Pengguna baru hanya perlu memasukkan email dan mengonfirmasinya untuk dapat masuk ke ruang SymbolicID. 

Apabila dibandingkan, tampilan SymbolicID versi aplikasi smartphone tidak jauh berbeda dengan tampilan Twitter. Sementara untuk tampilan desktop, pengguna SymbolicID akan luwes apabila sudah pernah menggunakan Facebook. Namun, ada beberapa fitur yang menjadikan ciri khas bagi SymbolicID. 

1. Space atau Modus 

SymbolicID menawarkan empat space yang dapat digunakan sebagai panduan ketika pengguna akan mengunggah tulisan. Empat space atau modus itu adalah berita, hoaks, diskusi, dan ide. 

Mengunggah sesuatu yang bersumber kuat dapat dilakukan pada modus berita, sedangkan unggahan yang butuh konfirmasi lanjut bisa dilakukan di modus hoaks. Apabila pengguna ingin melontarkan opini atau menanggapi unggahan, bisa menggunakan modus diskusi. Terakhir, untuk berbagi tips atau pengalaman bisa pada modus ide.  

2. Ruang Kajian

Pengguna SymbolicID seolah dituntut untuk hanya mengunggah hal bermanfaat karena diminta mencantumkan bidang kajian. Bidang kajian yang bisa dipilih mulai dari topik anime, bisnis, hingga filsafat. Hal ini bisa menghindari unggahan “sampah” atau unggahan emosional sekilas.
Keterangan bidang kajian juga akan membuat pengguna SymbolicID mudah menemukan unggahan yang diminati. Terlebih lagi SymbolicID menyediakan beberapa akun yang mengunggah materi penting di setiap bidang kajian. Hal ini membuat bermedia sosial menjadi seperti membaca buku. 

3. Tombol Voice

Berbeda dengan platform media sosial lainnya, SymbolicID memiliki tombol voice di sebelah kiri setiap unggahan. Tombol ini berguna sebagai voting untuk mempopulerkan sebuah unggahan yang dianggap bermanfaat. Pemberian voting tidak hanya sekali klik, tetapi juga memiliki pilihan alasan seperti menarik, berguna, dan nilai tidak salah. 
 
Dengan sumber daya terbatas, SymbolicID menawarkan beberapa merchandise mulai dari stiker, rubik, hingga kaos bagi pengguna yang berdonasi. Namun, pengguna yang tidak berdonasi pun tetap akan mendapatkan fitur yang sama.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Amry Hidayat

Terbaru