Suzuki Dikabarkan Akan Mundur dari MotoGP di Akhir 2022

Rabu, 04 Mei 2022 | 10:26 WIB   Reporter: Dimas Andi
Suzuki Dikabarkan Akan Mundur dari MotoGP di Akhir 2022

ILUSTRASI. MotoGP


MOTOGP - JAKARTA. Kabar mengejutkan datang dari dunia balap MotoGP. Pasalnya, pabrikan asal Jepang, Suzuki, dikabarkan berencana untuk undur diri dari ajang balap tersebut di akhir musim 2022.

Dilansir dari The Race pada Selasa (3/5), ada kemungkinan tidak lama lagi Suzuki akan membuat pernyataan resmi terkait pengunduran diri dari ajang MotoGP. Ini bukan pertama kalinya Suzuki minggat dari MotoGP.

Pada tahun 2011 lalu, Suzuki sempat mundur dari MotoGP lantaran dampak krisis keuangan global. Suzuki baru kembali lagi ke MotoGP pada tahun 2015. Diperkirakan alasan mundurnya Suzuki kali ini akibat dampak krisis pandemi Covid-19.

Saat ini, tim Suzuki memiliki dua pebalap di MotoGP yakni Joan Mir dan Alex Rins. Kiprah Suzuki sebenarnya tidak bisa dianggap remeh. Bahkan, pada 2020 lalu, Suzuki mampu mengantarkan pebalapnya Joan Mir sebagai juara dunia MotoGP.

Baca Juga: Quartararo dalam Pembicaraan Pindah ke Tim Pabrikan Lain

Jika Suzuki resmi mundur, maka jumlah pabrikan yang jadi peserta MotoGP tersisa lima, yakni Yamaha, Honda, Ducati, Aprilia, dan KTM.

Sementara itu, Dorna Sports telah menghubungi Suzuki untuk mengingatkan bahwa mereka tidak bisa secara sepihak menyatakan mundur dari MotoGP. Sebab, Suzuki masih terikat kontrak untuk menjadi tim di MotoGP sampai 2026 mendatang.

"Namun, jika Suzuki menyatakan mundur berdasarkan kesepakatan antara kedua belah pihak, Dorna akan menentukan jumlah ideal pembalap dan tim yang berlomba di kelas MotoGP mulai 2023," ungkap Dorna Sports dikutip dari rilis resmi di situs MotoGP, Selasa (3/5).

Dorna menyatakan komitmennya untuk terus menerima permintaan yang tinggi dari sejumlah pabrikan dan tim independen yang ingin bergabung ke MotoGP. Sebab, olahraga ini terus menjadi contoh global akan persaingan yang ketat, inovasi dan hiburan, serta menjangkau ratusan juta penggemar di seluruh dunia.

"Minat dari pihak-pihak ini telah dikonfirmasi ulang dalam 24 jam terakhir," pungkas Dorna Sports.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru