CLOSE [X]

Teks narasi: Pengertian, fungsi, dan struktur teks narasi

Selasa, 05 Oktober 2021 | 15:59 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Teks narasi: Pengertian, fungsi, dan struktur teks narasi

ILUSTRASI. Buku bacaan self improvement asal Korea ini memiliki seri terjemahan Bahasa Indonesia yang dapat Anda temukan di toko buku Indonesia.


KONTAN.CO.ID -  Jakarta. Teks narasi, adalah salah satu jenis teks bahasa Indonesia yang digemari oleh masyarakat terutama pelajar. 

Teks jenis ini sangat digemari karena berisi cerita-cerita menarik seperti contohnya dongeng Nusantara seperti Timun Mas hingga cerita imajinasi seperti Harry Potter.

Daftar Isi

Teks narasi atau cerita imajinasi, melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, adalah jenis teks yang menyajikan rangkaian kejadian yang unik dan menghibur. 

Teks tersebut bisa dibuat murni hasil dari imajinasi penulis atau perpaduan fakta dengan imajinasi penulis. 

Baca Juga: Lowongan kerja terbaru BUMN Perum Jasa Tirta 1, simak posisi yang ditawarkan ini

Kesan yang didapat pembaca setelah membaca cerita imajinasi tentu menyenangkan karena bisa membayangkan hal-hal yang tidak bisa terwujud di dunia nyata. 

Selain itu teks narasi juga menjadi media untuk mengajarkan banyak hal-hal baik dan memberikan hikmah yang bisa dipetik pembaca.  

Karenanya fungsi dari cerita imajinasi adalah menghibur pembaca serta memberikan pelajaran dan hikmah yang bisa dipelajari oleh pembaca. 

Struktur dalam teks narasi

Dalam membuat sebuah cerita imajinasi tentu membutuhkan struktur yang sistematis agar rangkaian kejadian bisa membentuk sebuah cerita yang menyenangkan dan mudah dipahami. 

Bersumber dari Direktorat SMP Kemendikbud Ristek struktur teks narasi terdiri dari tiga bagian yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. 

  • Orientasi

Struktur dari teks narasi yang pertama adalah orientasi atau bagian pembuka. Setiap teks terlebih teks narasi pasti memiliki bagian pembukaan yang membantu pembaca memahami isi teks.

Bagian ini penting dalam cerita imajinasi karena sebagai bagian pengenalan tokoh, latar tempat, waktu, dan suasana, watak tokoh, hingga konflik. 

Baca Juga: Cara download video TikTok tanpa watermark dan aplikasi, gratis!

Dengan adanya orientasi, pembaca bisa lebih memahami tokoh serta jalan cerita dari teks narasi tersebut. 

Permulaan konflik juga diperlihatkan dalam struktur ini yang kemudian akan dibawa dan dijabarkan lebih dalam di bagian komplikasi. 

  • Komplikasi

Pada bagian ini pembaca akan dibawa menuju ke konflik yang lebih dalam. Komplikasi berisikan hubungan sebab akibat sehingga memunculkan masalah hingga masalah tersebut mencapai puncaknya. 

Pembaca akan semakin dibawa untuk berimajinasi tentang alur masalah dari cerita tersebut. Setelah masalah dalam teks narasi mencapai puncaknya, pembaca akan dibawa menuju bagian resolusi. 

  • Resolusi

Bagian dari struktur teks narasi yang terakhir adalah bagian akhir atau resolusi. Bagian ini merupakan penghujung dari konflik masalah yang timbul di bagian orientasi dan komplikasi. 

Biasanya pada bagian resolusi berisikan penyelesaian masalah dan timbulnya kesadaran tokoh. Pembaca juga bisa mendapatkan pelajaran dan memetik hikmah dari teks narasi tersebut. 

Selanjutnya: Cara mudah melacak HP Android yang hilang pakai Google tanpa aplikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru