Telemedicine Berperan Meningkatkan Literasi Kesehatan Generasi Muda

Sabtu, 23 April 2022 | 15:34 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Telemedicine Berperan  Meningkatkan Literasi Kesehatan Generasi Muda

ILUSTRASI. Fasilitasi Konsultasi dan Obat Gratis via Telemedicine bagi Pasien COVID-19 di Jakarta


KESEHATAN - JAKARTA. Generasi muda di Indonesia semakin menyadari pentingnya memahami kondisi kesehatan. Kehadiran telemedicine turut berperan membentuk literasi kesehatan di generasi muda.

Salah satu telemedisin, Good Doctor Technology Indonesia menggandeng The London School of Public Relation (LSPR) Communication & Business Institute menjalankan program edukasi. Topik yang dibahas meliputi hidup sehat sebelum dan sesudah vaksinasi, kesehatan mental, diabetes, aktivitas fisik yang sehat, dan pola makan yang sehat.

Berdasarkan survei pasca kampanye oleh 95% peserta, sebanyak 82,7% dari mereka menyatakan sangat puas dengan rangkaian webinar kesehatan yang diadakan. Bahkan, 99,5% peserta juga bersedia untuk terus menghadiri pembicaraan kesehatan serupa di masa mendatang.

“Dari rangkaian pendidikan kesehatan yang dilaksanakan pada Oktober 2021 rata-rata 99,7% dari peserta merasa bahwa webinar memenuhi
harapan mereka termasuk peningkatan kesehatan literasi," kata  Head of Medical PT Good Doctor Technology Indonesia, dr. Adhiatma Gunawan, dalam paparan daring, Jumat (22/4). 

Menurut dr. Vikie Nouvrisia Anandaputri, Dokter Spesialis Gizi Klinik Good Doctor menjelaskan, Ramadan bisa menjadi cara kembali berkomitmen menjalani gaya hidup sehat dan seimbang. Di bulan suci ini, kita diajar untuk memiliki kesadaran untuk mengendalikan diri secara menyeluruh. Baik dengan cara mengatur kebiasaan makan hingga mengatur emosi.

"Ini mengapa puasa bermanfaat langsung untuk kesehatan fisik dan mental,” kata Vikie. Ia menjabarkan, puasa yang dilakukan secara rutin bisa
mengontrol kadar gula darah sehingga menekan risiko terjadinya resistensi insulin. Tak hanya itu, puasa secara rutin juga memberikan waktu istirahat untuk sistem pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru