Edukasi

Yuk daftar Fresh Graduate Academy dari Kominfo, bisa ikut pelatihan menarik & gratis!

Senin, 10 Mei 2021 | 15:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Yuk daftar Fresh Graduate Academy dari Kominfo, bisa ikut pelatihan menarik & gratis!

ILUSTRASI. Yuk daftar Fresh Graduate Academy dari Kominfo, bisa ikut pelatihan menarik & gratis!


KONTAN.CO.ID - Banyak fresh graduate atau lulusan baru yang mengeluh sulit mendapatkan pekerjaan. Kominfo melalui Digital Talent Kominfo kembali membuka program pelatihan gratis, Fresh Graduate Acaademy.

Salah satu faktor bisa lolos mendapatkan pekerjaan adalah kemampuan yang mumpuni. Agar daftar riwayat hidup terisi dengan skill atau kemampuan yang mumpuni, Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan. 

Salah satunya adalah pelatihan dari program Fresh Graduate Academy (FGA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Bersumber dari situs Digital Talent Scholarship (DTS) Kominfo, program FGA ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi bidang TIK. 

Lulusan baru yang mengikuti pelatihan ini nantinya dipersiapkan agar memiliki kompetensi profesional sesuai dengan kebutuhan era revolusi industri 4.0. 

Kominfo bekerja sama dengan lembaga profesional menyediakan beberapa pelatihan yang bisa dipilih dan diikuti mahasiswa di Indonesia. 

Ada berbagai keuntungan yang bisa didapat dengan mengikuti program FGA ini, dirangkum dari Instagram Kominfo di antaranya adalah:

  • Mengisi waktu luang
  • Skill yang didapat bisa menunjang CV
  • Menambah jejaring praktisi/akademisi
  • Bisa mengikuti sertifikasi internasional gratis 
  • Pelatihan gratis dan mendapatkan intensif kuota data internet 

Baca Juga: Asik! Ada beasiswa S1 ke luar negeri dari LPDP, simak cakupan & syarat daftarnya ini

Aktivitas program Fresh Graduate Academy

1. Belajar Mandiri: peserta belajar secara mandiri melalui laptop/komputer, jadwal pelaksanaan self-paced learning atau belajar mandiri diatur secara mandiri oleh peserta dalam batas durasi pelatihan;

2. Webinar: Sesi tatap muka secara daring antara instruktur dan peserta, peserta akan dipandu langsung dan berinteraksi dengan Instruktur. 

3. Hands-on Labs: Peserta akan mengerjakan suatu project baik secara mandiri atau berkelompok;

4. Evaluasi: Peserta akan mengikuti proses evaluasi pelatihan dalam bentuk kuis,ujian, atau menyelesaikan sebuah proyek;

5. Program Sertifikasi: Program ini diberikan khusus kepada peserta yang memiliki kriteria sesuai dengan ketentuan dan keputusan panitia penyelenggara yaitu Kominfo. 

6. Pasca Pelatihan: Peserta yang menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan tambahan pelatihan soft skills.

Baca Juga: Sambut tren profesi masa depan, Indosat Ooredoo luncurkan IDCamp 2021

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru