HOME | Rendezvous |

FILM

22 kategori nominasi diperebutkan dalam FFI 2017

oleh : Yovi Syarifa | Selasa, 22 Agustus 2017 | 09:59 WIB

22 kategori nominasi diperebutkan dalam FFI 2017

KONTAN.CO.ID - Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini akan dihelat di Manado pada 11 November 2017 sebagai tolak ukur pencapaian tertinggi perfilman Indonesia.

Penyelenggaraan FFI yang ke-37 kali ini merancang platform baru guna mendorong FFI menjadi kerja kolektif kolegial dengan mendukung unsur profesi perfilman. Salah satu elemen kunci dibangun melalui sistem penjurian.

"Ada dua hal yang menjadi penting tahun ini. FFI akan melibatkan partisipasi langsung asosiasi profesi, penyelenggara festival di daerah dan komunitas film melalui proses pemilihan internal dan voting," ujar Ketua Panitia Penjurian Riri Riza, Jakarta, Selasa (22/8).

Pada malam puncak penghargaan FFI 2017 akan ada 22 kategori nominasi penghargaan. Untuk film panjang terdiri dari 18 kategori nominasi. Lalu selebihnya untuk film dokumenter, film pendek dan animasi. Tak hanya itu, terdapat pula penghargaan khusus berupa lifetime achievement dan in memoriam.

"Kalau yang baru, sepertinya tahun ini tata busana terbaik. Tahun ini juga kita mau coba upayakan untuk tata make up terbaik, karena ini adalah sesuatu yang sekarang sudah menjadi sesuatu yang cukup punya pencapaian dan cukup bisa dijadikan sebagai profesi," tambah Riri.

Jika tahun lalu FFI melibatkan sekitar 100 juri, tahun ini FFI hanya melibatkan 75 juri. Dimana tahun ini sekitar 80% - 90% direkomendasikan oleh Asosiasi Profesi.