kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.590
  • EMAS593.896 0,51%

Ada Tatung di perayaan Cap Go Meh Seasons City

Jumat, 02 Maret 2018 / 20:51 WIB

Ada Tatung di perayaan Cap Go Meh Seasons City
ILUSTRASI. Atraksi Tatung



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya di Singkawang Kalimantan Barat, atraksi Tatung dalam rangka Cap Go Meh di DKI Jakarta juga diperkirakan bakal semarak. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Trade Mall (TM) Seasons City menjadi mall yang menyelenggarakan atraksi Tatung dalam perayaan Cap Go Meh. Rencananya, acara ini akan dilaksanakan pada Minggu (4/3) mulai dari pukul 08.00 WIB pagi.

Selain Tatung, perayaan Cap Go Meh ini juga akan diramaikan atraksi pawai To Khiau Sinshe, Barongsai, Tanjidor, Ondel-Ondel Betawi, Bhakti Sosial Pengobatan Gratis oleh Dokter & Sinshe, hingga upacara Spiritual & lelang barang-barang eks sembayang.                             


Untuk acara pawai, start akan dilakukan dari Vihara Berbudi pasar buah Angke melalui Jl.Laksa - Jl.Sawah Lio -Jl.KHM.Mansyur -Jl.Krendang Raya - Jl.Garuda - Jl.KHM.Mansyur - Jl.TSS Raya - Pos Duri - Jl.Jembatan Besi Raya, dan berpusat di Food Garden TM Seasons City.

General Manager TM Seasons City, Mualim Wijoyo mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia. Dan ini merupakan tahun ke-4 TM Seasons City menyelenggarakan Cap Go Meh dengan menyajikan atraksi Tatung.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kami dalam melestarikan budaya sekaligus untuk menghibur masyarakat Jakarta yang ingin menyaksikan Tatung tanpa perlu pergi jauh-jauh ke Singkawang,” kata Mualim dalam keterangannya, Jumat (2/3).

Dalam acara ini akan ada sekitar 100  Sinshe Tatung pria dan wanita yang akan melakukan atraksi ekstrem. Seperti debus di Banten, Tatung adalah orang yang dirasuki roh, dewa, leluhur, atau kekuatan supranatural. Dimana seorang Tatung yang sedang kemasukan roh akan melakukan atraksi seperti berdiri di atas tombak dan atraksi ekstreem lainnya.

Yang menarik, dalam perayaan Cap Go Meh ini, Seasons City juga mengombinasikan Tatung dan Barongsai dengan kebudayaan Betawi yakni dengan menghadirkan atraksi Ondel-ondel dan Tanjidor.

Salah satu agenda menarik lainnya dalam perayaan ini adalah acara lelang barang-barang eks sembayang. Dimana peminat acara lelang ini biasanya akan sangat banyak. Mereka mempercayai, barang-barang eks sembahyang pada pelaksanaan Cap Go Meh memiliki banyak khasiat. Mulai dari peruntungan, tolak balak, mampu memberikan kebahagiaan, dan lain sebagainya.

Mualim memperkirakan perayaan Cap Go Meh ini akan disaksikan oleh lebih dari 140.000 orang. Itu baru yang ada di mall Seasons City, belum termasuk penonton yang menyaksikan di rute-rute pawai.

“Rata-rata setiap hari kawasan Seasons City ini dikunjungi oleh sekitar 40.000 orang. Dan ketika ada event, yang datang bisa bertambah menjadi sekitar 140.000 orang. Cap Go Meh tahun ini kemungkinan angkanya bisa lebih dari itu,” ujar Mualim.


Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto

IMLEK

TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0057 || diagnostic_api_kanan = 0.0717 || diagnostic_web = 0.4384

Close [X]
×