Antisipasi kopling gosong saat arus balik

Rabu, 28 Juni 2017 | 13:00 WIB Sumber: Kompas.com
Antisipasi kopling gosong saat arus balik


JAKARTA. Pada musim arus mudik, pengendara tak sedikit yang mengeluhkan masalah kopling, baik bau gosong kopling atau slip. Kondisi serupa diprediksi bakal kembali terjadi saat arus balik ke Ibu Kota.

Perjalanan panjang, beban berat, kondisi medan beragam, serta ditambah kepadatan lalu lintas membuat kerja kopling lebih berat, terutama untuk mobil manual. Nah, untuk itu pengendara wajib mengantisipasinya dengan baik.

"Untuk masalah kopling gosong mayoritas akan lebih dialami pengguna mobil manual. Dalam situasi mudik sebenarnya cukup sering kejadian, tapi selain karena kondisi juga diperparah dari pola berkendara yang salah," ucap Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, Selasa (27/6).

Menurut Anjar, kebiasan menginjak setengah kopling menjadi perilaku utama yang sangat salah diterapkan. Perlu diingat, semakin sering melakukan hal tersebut, semakin singkat usia kampas kopling.

Kebiasan buruk lainnya adalah suka meletakan kaki di pedal kopling saat berkendara. Karena tanpa disadari, biasanya telapak kaki akan menekan pedal kopling yang membuat kondisi kampas ikut tertekan sehingga timbul gesekan.

"Akibat gesekan yang terus-menerus dialami kampas maka akan tercium bau hangus. Apalagi bila kebetulan kondisi oli sudah jelek, maka bisa berujung slip, sampai paling fatalnya ganti kopling. Baiknya saat sudah mencium bau gosong, langsung istirahatkan kendaraan selama beberapa saat atau tunggu sampai suhu mesin reda," papar Anjar.

Sedangkan untuk mobil matik, menurut Anjar, juga sering mengalami bau gosong. Bedanya bukan menyerang ke kampas kopling, melainkan kampas rem. Secara teknis mobil matik 90% mengandalkan rem untuk mereduksi laju kendaraan.

"Sistem pengereman wajib dicek lagi saat akan balik, terutama kondisi kampas dan jarak injak pedalnya. Bila memang sudah jauh, segera ke bengkel terdekat untuk menyetel lagi, kalau ketebalan kampas berkurang dari batas wajar usahakan langsung ganti," papar Anjar. (Stanly Ravel)

Artikel berikut ini sudah tayang di Kompas.com berjudul: Antisipasi Mobil "Bau Gosong" saat Arus Balik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru