Apa itu Mobil LCGC? Kenali Varian Kendaraan Murah dan Mobkas di Tahun 2024

Kamis, 18 April 2024 | 16:10 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa itu Mobil LCGC? Kenali Varian Kendaraan Murah dan Mobkas di Tahun 2024

ILUSTRASI. Mobil bekas. KONTAN/Hendra Suhara


TIPS & TRIK - JAKARTA. Mengenal kembali jenis mobil LCGC yang sedang dicari oleh pecinta otomotif. LCGC pada dasarnya singkatan dari Low Cost Green Car, yang diterjemahkan menjadi Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

Program LCGC merupakan inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong masyarakat memiliki mobil yang ramah lingkungan dan terjangkau.

Harga jual mobil LCGC lebih murah dibandingkan mobil pada umumnya. Hal ini dicapai melalui skema relaksasi pajak dari pemerintah.

Selain itu, mobil LCGC dirancang dengan teknologi yang irit bahan bakar. Ini selaras dengan tujuan program untuk mengurangi emisi gas buang dan penggunaan bahan bakar fosil.

Mobil LCGC diproduksi di Indonesia dengan tingkat kandungan komponen lokal (TKDN) yang tinggi.

Baca Juga: Penurunan Penjualan Mobil Berdampak ke Pembiayaan Multifinance

Kelebihan Mobil LCGC

Salah satu LCGC, Calya

Dengan banderol Mobil LCGC yang terjangkau dan irit bahan bakar terdapat beberapa pertimbangan:

  • Fitur Terbatas: Untuk menekan harga, mobil LCGC biasanya memiliki fitur yang lebih sederhana dibandingkan mobil pada umumnya. Ini bisa meliputi fitur hiburan seperti head unit canggih, fitur keamanan canggih (misalnya advanced driver-assistance systems/ADAS), jok kulit, sunroof, dan lain-lain.
  • Tenaga Mesin: Mesin mobil LCGC umumnya berkapasitas kecil, antara 1000cc sampai 1200cc. Akibatnya, tenaga yang dihasilkan mungkin tidak terlalu besar. Ini bisa terasa saat Anda membawa penumpang atau barang bawaan banyak, atau saat melintasi jalan menanjak.
  • Sistem Keamanan: Standar keamanan pada mobil LCGC mungkin tidak selengkap mobil di kelas yang lebih tinggi. Beberapa fitur keamanan yang mungkin tidak tersedia pada LCGC misalnya rem ABS, airbags samping dan tirai udara, atau electronic stability control (ESC).
  • Bobot Ringan: Mobil LCGC umumnya memiliki bodi yang mungil dan ringan. Ini memang membuat mobil lebih irit bahan bakar, namun juga bisa membuat mobil terasa kurang stabil saat dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Baca Juga: Catat 5 Komponen Mobil yang Perlu Diservis Setelah Perjalanan Jauh Mudik

Bagaimana opsi mobil bekasnya?

Daftar mobil bekas tahun muda varian LCGC di awal tahun 2024. Periksa mobil bekas di Jakarta mulai dari Rp 100 jutaan untuk segmen kendaraan murah.

Membeli mobil bekas tahun muda seringkali menjadi pilihan cerdas bagi konsumen yang menginginkan kendaraan dengan nilai tawaran yang baik tanpa harus mengeluarkan dana yang terlalu besar.

Keberadaan mobil bekas tahun muda memberikan peluang untuk memperoleh kendaraan dengan teknologi terkini dan performa yang masih optimal, sambil tetap menjaga kantong.

Sehingga, mobkas ini memiliki umur tidak lebih dari 5 tahun dari tahun produksi atau rangka. Tentunya, mobil bekas tahun muda bisa didapatkan dengan harga sekitar 100 jutaan di Indonesia.

Rekomendasi kendaraan bekas tahun muda yang patut dipertimbangkan melibatkan varian awal dari Toyota Calya dan Daihatsu Ayla.

Pertimbangan membeli mobil bekas tahun muda

Mobil bekas tahun muda memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Harga Lebih Murah: Mobil seken tahun muda biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil baru, sehingga menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang memiliki budget terbatas.
  • Kondisi Baik: Mobil tahun muda biasanya memiliki kondisi yang baik dan masih muda. Hal ini karena mobil ini masih baru dan belum terlalu banyak mengalami kerusakan.
  • Resale Value Tinggi: Varian tahun muda memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil yang lebih tua, sehingga menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin membeli mobil bekas.
  • Teknologi Terbaru: Mobil bekas tahun muda biasanya memiliki fitur teknologi terbaru seperti sistem navigasi, sistem infotainment, dan lainnya.
  • Performa Bagus: Mobkas tahun muda biasanya masih memiliki performa yang baik dan masih terjaga, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan pada saat berkendara.

Baca Juga: Cara Mencegah Pecan Ban Saat Mudik, Cek Jadwal Oneway, Contraflow Mudik Lebaran 2024

Sebelum membeli mobil bekas

Ada beberapa langkah sebelum memutuskan mobil bekas yang dipilih: Pastikan untuk memeriksa riwayat mobil, seperti apakah pernah terlibat kecelakaan, pernah diperbaiki, atau pernah digunakan sebagai mobil rental.

Nah, Anda bisa mencoba mengemudi mobil sebelum membeli, untuk memastikan bahwa Anda nyaman dengan fitur dan kenyamanan mobil. Cari agen atau broker mobil bekas yang berpengalaman dan dapat membantu Anda dalam membeli mobil bekas yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Periksa surat kendaraan bermotor seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pada mobil bekas tersebut. Penjual kendaraan bekas menerangkan beberapa informasi dan keterangan soal pajak kendaraan.

Ketahui status mobil bekas tahun muda murah tersebut tidak dalam pengawasan pihak berwajib. Cek buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) karena penting sebagai tanda kepemilikan kendaraan tahun muda tersebut.

Deretan mobil bekas dengan pabrikan Jepang cukup diminati karena perawatan mudah dan masih tampil apik.

Harga mobil bekas tahun muda

Rekomendasi mobil bekas berhasil tercatat oleh Kontan.co.id dari laman Olx per awal tahun 2024. Inilah mobil bekas tahun muda yang terjangkau ini tetap bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi dan diler.

Daihatsu

  • Daihatsu Ayla (2018) 1.2 R MT mulai Rp103.500.000.
  • Daihatsu Sigra (2018) 1.0 M MT MC mulai Rp106.000.000.
  • Daihatsu Sigra (2018) 1.2 X MT mulai Rp110.500.000.
  • Daihatsu Sigra (2018) 1.2 R MT MC mulai Rp120.500.000.
  • Daihatsu Sigra (2019) 1.2 R AT DLX mulai Rp140.000.000.

Toyota

  • Toyota Agya (2018) 1.2 TRD M/T mulai Rp123.500.000.
  • Toyota Agya (2018) 1.2 TRD A/T mulai Rp125.000.000.
  • Toyota Calya (2018) 1.2 E M/T mulai Rp120.000.000.
  • Toyota Calya (2019) 1.2 G A/T mulai Rp125.500.000.
  • Toyota Calya (2019) 1.2 G M/T mulai Rp126.000.000.

Honda

  • Honda Brio Satya (2018) S MT mulai Rp125.000.000.
  • Honda Brio Satya (2018) E MT mulai Rp130.000.000.
  • Honda Brio Satya (2018) E CVT mulai Rp145.000.000.

Selanjutnya: TikTok Notes Aplikasi Pesaing Instagram Tersedia di Android & iOS, ini Penampakannya

Menarik Dibaca: Ini 3 Produk Simpanan di Bank Beserta Keuntungannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru