Asyiknya berburu kijang di Cikidang Hunting Resort

Jumat, 18 Maret 2011 | 13:36 WIB Sumber: Mingguan KONTAN, Minggu IV, Juli 2010
Asyiknya berburu kijang di Cikidang Hunting Resort

ILUSTRASI. Awan gelap menyelimuti kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (12/1/2020).


Keasyikan berburu binatang liar di hutan bukan lagi angan-angan yang sulit tercapai. Di Cikidang Hunting Resort, Anda bisa merasakan sensasi berburu layaknya di Benua Afrika, tanpa perlu merasa takut ditangkap polisi atau diterkam binatang buas.

Cikidang Hunting Resort yang terletak di Desa Pangkalan, Kecamatan Cikidang, Kabupatan Sukabumi, Jawa Barat, memang tempat berburu yang aman. Maklum, sesuai namanya, kawasan seluas 30 hektare ini merupakan kawasan wisata. Tempat ini hanya berjarak sekitar 30 kilometer (km) dari pintu tol Bogor menuju Pelabuhan Ratu atau sekitar dua jam perjalanan dari Jakarta, dengan memakai mobil pribadi.

Hamparan kebun teh, kelapa sawit, dan karet nan hijau akan menyambut Anda sebelum sampai di lokasi perburuan ini. Karena itu, jika Anda bukan penghobi berburu sekalipun, berwisata di tempat ini tetap akan menyenangkan.

“Cikidang adalah satu-satunya lokasi wisata berburu di Indonesia,” kata Budi Handoko, sang pemilik usaha ini. Resor ini sudah beroperasi sejak empat tahun lalu. Sebagian besar pengunjungnya adalah turis mancanegara, khususnya asal Arab dan Australia. “Adapun pengunjung lokal kebanyakan datang dari Jakarta dan Bandung,” katanya.

Bukan hewan liar

Budi menjamin, di lokasi perburuannya ini, pengunjung akan menemukan suasana berburu yang mengasyikkan. Tapi, di lain pihak, para pemburu tak perlu repot mencari-cari hewan buruan. Sebab, resor ini telah menyediakan binatang buruan. Dan, binatang itu bukan hewan liar, namun hewan piaraan atau hewan hasil tangkapan yang sengaja dilepaskan oleh Budi.

Di lokasi wisata berburu ini, beberapa binatang yang biasa diburu di alam liar seperti kelinci, ayam, kalkun, rusa atau kijang, kambing hutan, dan babi hutan, berkeliaran bebas menunggu pemburu datang. Anda tinggal mengarahkan moncong senapan ke sasaran, tarik picu, dan dor!

Budi menjelaskan, pada awalnya, beberapa hewan buruan memang masih liar. Akan tetapi, karena sering diburu, jumlah hewan liar tersebut semakin menyusut. Karena itulah, Budi memutuskan untuk membuat peternakan sendiri sebagai pengganti hewan liar. “Itu untuk menjamin keberlangsungan pasokan,” terang Budi lagi.

Namun, Budi meyakinkan, walaupun bukan benar-benar hewan liar, pengujung tak perlu khawatir hewan-hewan tersebut tidak seliar aslinya. Karena, Budi memelihara binatang buruan itu dengan cara melepaskannya ke alam bebas.

Untuk mengejar hewan burun, Anda bisa menggunakan mobil ATV (all terrain vehicle) maupun mobil berburu berpenggerak empat roda (4x4) yang tersedia. Berkendara melintasi semak belukar dan hutan sambil mengejar hewan buruan jelas akan memicu adrenalin. Apalagi, saat anak panah maupun senapan angin (air gun) kaliber 4,5 milimeter (mm) ditembakkan.

Enaknya, resor ini tak membatasi waktu berburu. Silakan berburu siang atau malam. Bahkan, Anda juga bisa berburu sejak siang hari hingga larut malam.

Untuk bisa menikmati aksi bak pemburu profesional ini, Anda harus mengeluarkan uang mulai Rp 300.000. Dengan membayar segitu. Anda bisa memburu tiga jenis hewan, yakni kelinci, ayam, dan kalkun. Untuk memburu binatang ini, Anda cukup memakai air gun. Sedangkan untuk memburu kambing hutan, Anda harus merogoh kocek Rp 800.000–Rp 1,2 juta per ekor, dan babi hutan Rp 1 juta–Rp 2 juta per ekor.

Anda juga harus menyewa alat berburu seperti senapan, panah, dan kendaraan. Harga sewa senapan angin adalah Rp 50.000–Rp 100.000 per jam. Sedangkan ongkos sewa panah Rp 100.000 per jam. Selain itu, kendaraan ATV 250 cc disewakan Rp 200.000 per jam dan mobil berburu 4x4 seharga Rp 300.000 per jam. Jika Anda anggota Perbakin (Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia), Anda boleh menggunakan peluru tajam.

Hasil buruan bisa langsung di masak dan disantap di restoran yang telah tersedia di Cikidang Hunting Resort. Pengunjung bisa memilih menu sesuai selera.

Yang tak kalah menarik, Cikidang Hunting Resort juga sering menyuguhkan atraksi adu bagong, yaitu pertarungan antara babi hutan dan anjing pemburu. Atraksi ini sangat seru dan menegangkan.

Jika Anda berwisata dengan seluruh anggota keluarga, jangan takut mereka bakal telantar. Sebab, di tempat ini juga tersedia penginapan. Ada 31 kamar dan 23 cottage dengan harga sewa mulai Rp 225.000 hingga Rp 750.000 per malam. Kalau datang berombongan dengan jumlah minimal 20, Anda cukup membayar Rp 225.000 per orang per hari.

Mereka yang tak suka berburu bisa berenang di kolam renang, outbound, atau berkuda.

Cikidang Hunting Resort
Cikidang Sukabumi, Jawa Barat
Tlp.0266-621529-621213
******

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test

Terbaru