Musik | HOME |

KONSER MUSIK

Bekraf dorong ekonomi Ambon lewat musik

oleh : Jane Aprilyani | Senin, 28 Agustus 2017 | 17:28 WIB

Bekraf dorong ekonomi Ambon lewat musik

KONTAN.CO.ID - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung pencanangan program Ambon Menuju Kota Musik Dunia. Kegiatan pencanangan Konferensi Musik Indonesia akan digelar pada Desember 2017 ini.

Peran Bekraf adalah membantu menjadikan Ambon sebagai kota musik dengan cara merancang serangkaian program untuk menggunakan bakat musik tersebut sebagai fondasi membangun potensi ekonomi di kota yang terletak di Indonesia bagian timur itu.

Acara Pencanangan Ambon Menuju Kota Musik Dunia adalah tanda dimulainya langkah pertama untuk membangun Ambon menjadi kota musik berkelas dunia. Bekraf dan para pemangku kepentingan menyusun “25 Action Plan” yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2017.

Action Plan tersebut mencakup faktor-faktor yang dibagi dalam 5 pilar pembangunan kota musik, yaitu Infrastruktur, Musisi dan Komunitas, Proses Belajar, Pengembangan Industri dan Nilai Sosial Budaya.

Tidak hanya menyusun pelaksanaan strategi Ambon sebagai kota musik, nantinya Bekraf juga akan menggelar Konferensi Musik Indonesia pada Desember 2017. "Tadinya dijadwalkan Konferensi Musik Indonesia 9-12 Oktober, tapi ditunda hingga Desember 2017," ujar Triawan Munaf kepada KONTAN, Senin (28/8).

Targetnya minimal tiga tahun ke depan, Ambon akan didaftarkan sebagai Kota Musik Dunia ke Unesco.