Belajar berwirausaha via permainan The Profit

Senin, 23 Januari 2017 | 17:51 WIB   Reporter: Emir Yanwardhana
Belajar berwirausaha via permainan The Profit


JAKARTA. Permainan atau game simulasi berbisnis buatan lokal resmi dirilis. Game bertajuk The Profit besutan PT Namira Arta Teknologi (Natek) ini menjadi alternatif permainan sembari belajar khususnya bagi pengusaha pemula.  

Game ini merupakan simulasi real bisnis yang ada di dunia nyata, sehingga ini bisa dijadikan cara belajar yang mudah bagi pengusaha pemula. Tidak hanya belajar teori tetapi juga langsung praktik,” ucap Tony Susanto, Founder The Profit, Senin (23/1).

Menurut Tony, permainan ini memiliki keunikan tersendiri karena game bisnis pertama dan satu-satunya di dunia yang menggabungkan kecanggihan teknologi dan cara belajar bisnis yang cerdas.

Di dalam game ini terdapat beberapa bidang bisnis yang bisa dimainkan, seperti retail yang diwakili dengan bisnis minimarket, manufaktur yang diwakili bisnis toko roti, dan bidang jasa diwakili dengan bisnis salon mobil dan restoran.

Di dalam game The Profit juga memberikan beberapa tantangan untuk menyelesaikan permasalahan bisnis hingga cara meningkatkan profit menggunakan ratusan strategi bisnis yang bisa diakses oleh pemain.

Jadi bisa menjadi pembelajaran bagi mahasiswa yang ingin memulai berbisnis maupun bagi sebuah universitas yang memiliki mata kuliah wajib tentang kewirausahaan. Tidak hanya mahasiswa, melainkan pengusaha pemula yang masih membutuhkan pembelajaran kewirausahaan juga bisa menggunakan The Profit karena game ini mampu mengasah insting bisnis.

“Mulai dari cara mendiagnosis kondisi bisnis, efisiensi proses dan biaya operasional, hingga memahami alur birokrasi ketika hendak memulai bisnis”, imbuhnya.

Meskipun game ini dikhususkan untuk penggila bisnis, tetapi para gamers masih bisa memainkannya. Karena game ini terdapat berbagai rintangan yang harus diselesaikan dan membutuhkan strategi untuk menyelesaikannya.

Game ini juga hampir sama dengan game-game lainnya, di akhir permainan terdapat hasil score. Gamers bisa bersaing untuk mendapatkan score tertinggi dan menguasai berbagai bisnis.

CEO Natek, Henry Karya Nugraha, menambahkan bahwa untuk mendukung user bisa belajar bisnis lebih efektif, The Profit Game memberikan beberapa fitur unggulan seperti Komunitas yang merupakan wadah komunikasi antar user jika ingin bertukar ide sesama pebisnis dan Resume yang merupakan fitur untuk mengevaluasi hasil simulasi bisnis yang sudah dijalankan.

Saat ini game ini belum rilis resmi, tetapi sudah ada lebih dari 100 user yang mengunduhnya. “Hal ini bisa dijadikan tanda bahwa game ini akan diminati oleh banyak orang. Mengingat saat ini pemerintah juga sedang gencar menggalakkan kewirausahaan,” imbuh pria yang sering disapa Erick. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru