Profesi | HOME |

PROFESI

Bidik peningkatan anggota, ini upaya CFA

oleh : Elisabet Lisa Listiani Putri | Jumat, 14 Juli 2017 | 12:40 WIB

Bidik peningkatan anggota, ini upaya CFA

JAKARTA. Chartered Financial Analyst (CFA) membidik peningkatan anggota yang signifikan dalam 2-3 tahun ke depan. CFA berharap setiap tahunnya setidaknya bakal ada sekitar 60-80 anggota baru, atau meningkat dibandingkan dengan rata-rata anggota baru CFA per tahun saat ini yang berada di angka 30-40 anggota

"Saat ini CFA di Indonesia kan 180, saya rasa mungkin dalam kurun waktu 2-3 tahun harapan kami bisa meningkat sampai dengan 360 sampai dengan 400," kata Pahala Nugraha Mansury, Presiden CFA Indonesia. Pahala membandingkan anggota CFA di Indonesia yang masih rendah dibandingkan dengan Singapura yang telah memiliki 2000 anggota. Padahal nilai kapitalisasi pasar di Indonesia sudah menyamai Singapura.

Pahala menyebut, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh calon anggota CFA di antaranya adalah passing grade di Indonesia dengan tingkat kelulusan 15% lebih rendah dibandingkan dengan negara lain. Biaya tes yang mahal juga menajadi kendala bagi calon anggota CFA.

Beberapa hal coba dilakukan oleh CFA Indonesia di antaranya adalah dengan melaksanakan mock exam sehingga calon anggota CFA mengetahui bentuk ujian CFA tersebut. CFA juga tengah berupaya untuk mengurangi biaya yang tertanggung untuk menjadi anggota. Selain itu, CFA juga melakukan corporate outreach programme sehingga korporasi bisa membiayai biaya tertanggung untuk menjadi anggota CFA.