Catat, jadwal festival layang-layang 2016 di Bali

Sabtu, 14 Mei 2016 | 21:00 WIB Sumber: Kompas.com
Catat, jadwal festival layang-layang 2016 di Bali


JAKARTA. Layang-layang adalah serangkaian event yang diadakan rutin setiap tahun antara Juli dan Oktober terutama saat awal musim mulai berangin.

Festival ini merupakan salah satu event besar yang sangat menarik karena memiliki keunikan budaya yang sama seperti Festival Kesenian Bali. Festival ini memiliki beragam tanggal pelaksanaan dan untuk acara utamanya diaksanakan di sepanjang pantai timur Padanggalak, bagian utara Sanur, Badung.

Biasanya pengumuman kepastian tanggal pelaksanaan event utama Festival Layang-Layang dilaksanakan pada akhir Juni melihat kondisi cuaca saat itu. Sehingga kepastian waktu pelaksanaan belum dapat diumumkan secara pasti.

Sementara ini Festival Layang-layang Bali dijadwalkan jatuh pada tanggal 3 hingga 5 Juli di Pantai Padanggalak, Sanur. Festival Layang-layang Internasional Bali pada 23 sampai 25 Oktober 2015 di Pantai Padanggalak, Sanur.

Ribuan pecinta layang-layang akan datang dan berkumpul dari seluruh Pulau Bali untuk mulai menerbangkan layang-layang tradisional mereka dan bersaing dengan pecinta layang-layang yang berasal dari luar negeri dengan model yang lebih modern serta memilki bentuk dan ukuran yang bermacam–macam.

Pada Festival Layang -layang ini ditampilkan bentuk layang-layang yang beragam misalnya bentuk 3D dan desain tertentu misalnya bentuk Dewa Hindu, kendaraan seperti mobil dan motor, maskot serta sponsor. Selama event berlangsung terdapat iringan gamelan untuk menambah semangat festival terutama saat layang-layang dinaikkan dan saat turun.

Layang-layang tradisional Bali memiliki ukuran raksasa dan telah berkembang selama bertahun-tahun, luasnya sekitar 4 meter dan panjangnya 10 meter. Salah satu jenis layang-layang yaitu ‘janggan’ memiliki ekor pita yang mengagumkan dan memiliki panjang mencapai 100 meter atau lebih.

Selain ukuran yang tidak biasa layang-layang di Bali juga dilengkapi dengan instrumen suara berbentuk getaran pada tali busurnya yang disebut ‘Guwang’ yang akan menghasilkan dengungan suara yang dapat didengar dari kejauhan.

Asosiasi Layang-layang Bali atau disebut Pelangi (Persatuan Layang-Layang Bali) telah mengumunkan tanggal pelaksanaan Festival Layang-layang. Namun tanggal yang telah diumumkan dapat berubah karena pengaruh kondisi cuaca nanti. Berikut ini daftar pelaksanaan kompetisi dan festival layang-layang di Bali:

- Festival Layang – Layang Bali : 03-05 Juli, Pantai Padanggalak, Sanur
- Kompetisi Layang – Layang Gianyar: 31 Juli-2 Agustus (tentatif 8-9 Agustus), Pantai Padanggalak, Sanur
- Kompetisi Layang – Layang Denpasar: 07-09 Agustus, Pantai Padanggalak, Sanur
- Kompetisi Layang – Layang Biaung: 14-15 Agustus, Pantai Padanggalak, Sanur
- Kompetisi Layang – Layang Tanjung: 21-23 Agustus, Pantai Mertasari, Sanur
- Kompetisi dan Festival Layang – Layang Sanur Village: 28-30 Agustus, Pantai Mertasari, Sanur
- Kompetisi Layang – Layang Penatih: 4-6 September, Penatih, Denpasar
- Kompetisi Layang – Layang Ungasan: 11-13 September, Ungasan, Bukit Peninsula
- Kompetisi Layang – Layang Tabanan: 18-20 September, Tabanan
-  Kompetisi Layang – Layang Belega: 18-20 September, Belega, Gianyar
- Kompetisi Layang – Layang bekul: 2-4 Oktober, Pantai Padanggalak, Sanur
- Kompetisi Layang – Layang Kukuh: 16-18 Oktober, Marga, Tabanan
- Festival Layang – Layang Internasional Bali: 23-25 Oktober, Pantai Padanggalak, Sanur

(Penulis: Ni Luh Made Pertiwi F)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan

Terbaru