Cerita putra Boy Thohir bangun proyek Micro Hydro

Sabtu, 07 Oktober 2017 | 07:00 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Cerita putra Boy Thohir bangun proyek Micro Hydro


ENERGI TERBARUKAN - JAKARTA. Masyarakat Desa Kasepuhan Ciptagelar, Sukabumi, Jawa Barat akhirnya merasakan nikmatnya penerangan listrik. Melalui proyek Micro Hydro for Indonesia, inisiatif sosial yang digagas oleh Gamma Abdurrahman Thohir, lebih dari 75 rumah tangga di Kasepuhan Ciptagelar kini telah teraliri listrik melalui pembangkit listrik kecil tenaga air skala mikro yang memiliki kapasitas 40 KW.

Dalam pemaparannya di @america, Pacific Place Mall, Kamis (5/10) Gamma, remaja berusia 17 tahun, menunjukkan tentang masa depan energi terbarukan di Indonesia dan potensi anak muda yang kelak dapat membantu mengatasi tantangan terbesar pada abad ke-21.

“Proyek Micro Hydro for Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan akses kelistrikan dan mengurangi kesenjangan listrik antara pusat kota dengan pedesaan. Dan saya merasa terpanggil untuk melakukan proyek sosial ini di desa Kasepuhan Ciptagelar yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota namun belum mendapat pasokan listrik yang cukup,” tutur putra pengusaha Garibaldi 'Boy' Thohir dalam keterangan pers, Jumat (6/10).

Secara cermat Gamma mampu melihat bahwa masyarakat Ciptagelar memiliki potensi untuk dapat mengembangkan kualitas kehidupan mereka, baik melalui ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, maupun peningkatan sosial budaya. Dengan masuknya listrik, diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Ciptagelar,salah satunya melalui produksi kopi.

Langkah kecil tapi nyata yang dilakukan Gamma dimulai sejak tahun 2015 lalu karena ia memiliki ketertarikan pada bidang energi. Setelah melewati proses riset dan dokumentasi, Gamma menyiapkan proposal dan mengedukasi generasi muda melalui kegiatan Youth Movement untuk mendapat dukungan dana publik.

Tahapan berikutnya adalah proses pengerjaan konstruksi dan pengembangan dari manfaat listrik berupa sarana pendidikan yang diberi nama “Pojok Belajar”. Semua tahapan tersebut mendapat dukungan penuh dari Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN). Pengelolaan dan pemeliharaan juga diharapkan menjadi ajang alih ilmu pengetahuan dan teknologi dari pakar mikro hidro kepada masyarakat.

Gamma mengatakan, keberhasilan itu merupakan buah kerja keras dari seluruh tim, termasuk keterlibatan warga Kasepuhan Ciptagelar yang terlibat siang dan malam selama proyek berlangsung. Proyek Microhydro for Indonesia ini juga merupakan bukti generasi muda Indonesia yang bisa memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sejalan dengan program Presiden Joko Widodo dan pemerintah Indonesia yang fokus pada kerja nyata dalam pemerataan pembangunan dan percepatan infrastruktur.

“Seperti yang kita lihat, di Indonesia sendiri masih banyak desa-desa yang belum menikmati aliran listrik padahal potensi listrik dari energi terbarukan di Indonesia sangat besar sedangkan pemanfaatannya masih rendah,” kata Gamma.

Keberhasilan proyek Microhydro for Indonesia diharapkan akan mendorong pemerintah dan banyak pelaku usaha lainnya untuk lebih aktif dalam mengembangkan energi terbarukan di Indonesia.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru