Cerita Shahnaz Haque enggan pakai asuransi jiwa

Jumat, 03 November 2017 | 20:11 WIB   Reporter: grace.olivia
Cerita Shahnaz Haque enggan pakai asuransi jiwa


PESOHOR - JAKARTA. Sudah 16 tahun lamanya sejak aktris dan bintang iklan Shahnaz Haque memutuskan membeli produk asuransi untuk memproteksi keuangannya. Pertimbangannya pada 2001 silam sederhana, Shahnaz menyadari dirinya bukanlah pekerja tetap di sebuah perusahaan.

Kalau sampai terjadi sesuatu pada kesehatannya dan keluarga, atau ada kebutuhan mendesak untuk pendidikan, tidak ada yang bisa membantu menanggungnya. Pilihannya pun jatuh pada produk asuransi kesehatan, kemudian asuransi pendidikan untuk ketiga buah hatinya.

Namun, saat ditanya soal asuransi jiwa, Shahnaz mengaku tidak tertarik memakainya. Asuransi jiwa tidak masuk dalam pilihan Shahnaz karena ia dan suaminya, Gilang Ramadhan, sudah menyiapkan prosedur waris serta pembagian yang jelas sebagai bentuk antisipasi.

“Kalau saya kenapa-kenapa, sampai meninggal, aset seperti rumah, uang, dan investasi saya yang lain sudah diatur warisnya. Jadi, saya tidak merasa membutuhkan asuransi jiwa,” tuturnya kepada KONTAN.

Dalam mengatur keuangan keluarganya, Shahnaz memilih mandiri tanpa bantuan perencana keuangan. Buatnya, pengelolaan keuangan keluarganya tergolong sederhana. Salah satu teknik mengelola keuangan rumah tangga ia pelajari dari ibunya yang selalu memisahkan pengeluaran berdasarkan “amplop”.

Bedanya, sekarang Shahnaz tidak memakai amplop, tetapi rekening yang berbeda untuk pos pengeluaran yang berbeda pula. Misalnya, satu rekening untuk pembayaran uang sekolah anak, rekening lain untuk pembayaran listrik, gaji asisten rumah tangga, dan sebagainya. Termasuk juga rekening untuk alokasi dana liburan.

“Untuk pengeluaran terduga seperti itu, saya kan sudah jelas pos-posnya. Kalau pengeluaran karena sakit atau kebutuhan pendidikan itu kan pos pengeluaran tak terduga yang tidak bisa ditawar-tawar, karenanya saya pakai asuransi supaya keuangan tidak terganggu dalam kondisi seperti itu,” jelasnya.

Shahnaz sendiri memang lebih concern pada kebutuhan asuransi untuk kesehatan karena dirinya pernah mengidap penyakit kanker indung telur dan telah menjadi penyintas selama hampir 20 tahun. Asuransi bisa membantunya apabila ada kondisi tak terduga terkait perkembangan kesehatannya.

Di samping itu, anak pertamanya yang bersekolah di Kanada juga merupakan atlet softball sehingga asuransi kesehatan menjadi hal wajib baginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru