Djarum Foundation gelar pelatihan Leadership Development Djarum Beasiswa Plus

Jumat, 05 Maret 2021 | 19:51 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
Djarum Foundation gelar pelatihan Leadership Development Djarum Beasiswa Plus

ILUSTRASI. Program Leadership Development Djarum Foundation


EDUKASI - JAKARTA. Djarum Foundation kembali menggelar program pelatihan Leadership Development Djarum Beasiswa Plus. Program ini bertujuan membentuk generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki kecakapan emosional, intelegensia serta jiwa visoner sehingga kelak mampu melakukan perubahan bagi masyarakat ke arah yang lebih baik. 

Dalam pelatihan ini diikuti setidaknya 522 Beswan Djarum angkatan 2020/2021 dari 93 perguruan tinggi di Indonesia. 

Selama pelatihan, karakter para Beswan Djarum diasah agar melahirkan dan mewujudkan  visi-visi yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara di masa mendatang. Tahun ini Leadership Development diselenggarakan secara virtual sepanjang Maret 2021.

Untuk mencapai hal tersebut, Beswan Djarum harus memiliki core ideology sebagai pondasi utama dalam pembentukan karakter. Core ideology mencakup dua hal yakni core value dan core purpose

Core value merupakan prinsip hidup yang terus dipegang teguh oleh setiap orang, apapun yang terjadi. Misalnya ialah bersikap jujur dalam setiap kondisi. 

Sementara, core purpose adalah tujuan inti yang terus diperjuangkan selama hidup. Salah satu contohnya adalah selalu memberi manfaat bagi orang banyak.

Baca Juga: Segera dibuka Beasiswa Djarum 2021, berikut keuntungan yang didapat

“Kehadiran core value dan core purpose dalam diri seseorang akan membawanya kepada visionary goal, yaitu sebuah tujuan besar yang akan berusaha diwujudkan di masa mendatang. Visionary goal ini memiliki empat aspek yakni mudah dibayangkan (imaginable), menantang kemampuan diri (compelling), adanya target waktu (time specific) dan mudah dikomunikasikan (easy to communicate),” kata Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Galuh Paskamagma dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (5/3).

Galuh mencontohkan, visionary goal ialah cita-cita Presiden Amerika Serikat ke-35, John F. Kennedy, yang ingin mengirim manusia ke bulan sebelum tahun 1970. Hal ini tercapai dengan peristiwa monumental astronot AS Neil Amstrong yang sukses menginjakkan kaki di bulan pada tahun 1969. 

Dia pun berharap, para Beswan Djarum memiliki tujuan yang visoner seperti contoh tersebut dan dapat diwujudkan di masa mendatang.

Pelatihan Leadership Development merupakan satu dari beberapa pelatihan soft skills yang diberikan kepada Beswan Djarum. Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Competition Challenges, serta International Exposure. 

Tidak hanya berhenti sampai di sini, melalui program Community Empowerment, Beswan Djarum juga diberikan kesempatan untuk menerapkan berbagai soft skills yang telah diperoleh dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar pada suatu permasalahan sosial di lingkungan tempat mereka berada.

Sejalan dengan pembekalan soft skills bagi Beswan Djarum, Bakti Pendidikan Djarum Foundation juga akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung sebagai Beswan Djarum angkatan 2020/2021 mulai Maret 2021. Pendaftaran bisa dilakukan secara online di www.djarumbeasiswaplus.org 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru